essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

pulau TIDUNG kepulauan seribu (19-21 juli 2011)

on January 5, 2013

Otw pulau tidung kepulauan seribu naek kapal nelayan kayu by muara angke jakarta. stanby di sana dari jam 6 pagi coz biasa nya kapal nya berangkat jam 7 s/d 7.30 WIB tapi berangkat dari rumah ya sekitar abis sholat subuh lah. kita pilih hari bukan yg weekend. weekday aja padat kayak gini gimana weekend?? nga deh..bukan nya menikmati refreshing malah jadi penat. kebetulan di bulan ini kampus lg libur semester panjang sekitar 2-3 bulan gitu. ditambah kegiatan di lab juga udah selesai. makanya waktu nya jalan-jalan menikmati liburan. ini adalah liburan ke-3 bersama kru-kru lab internet dasar universitas gunadarma.

hamparan laut & pasir pulau tidung

kita preper sampe di sana jgn sampe siang coz banyak yg mau menuju ke pulau tidung ini. secara pulau tidung merupakan pilihan orang jakarta untuk pergi rekreasi menghilangkan penat. karena dikepulau seribu khususnya pulau tidung ini air laut nya masih sangat jernih dibanding dengan pulau-pulau kepulauan seribu yg dekat dgn jakarta. biasanya kepulauan yg masih dekat dengan jakarta punya kualitas air laut yg mengecewakan yakni masih

kapal transportasi muara angke – pulau tidung

kotor baik dari sampah-sampah sampai air nya yg berwarna kehitaman karen terkontaminasi limbah-limbah.

peta pulau tidung dr deretan kepulauan seribu (sumber by blog orang…thank u 4 peta nya :) )

karena nya kita pilih pulau tidung yg jarak nya ribuan kilometer dari jakarta dengan makan waktu 2.5 jam dari jakarta.

otw pulau tidung on boat

Panas bener neh meski di kapal baru jam 8 an or 9 an pagi. nama nya juga di laut sinar mataharinya bandel deh kena ke kulit. selama perjalanan yg ada disekeliling cuma hamparan air aja. kanan-kiri…depan-belakang cuma air sesekali ada ombak gede yg bikin kapal jd oleng kanan-kiri. ini yg bisa bikin jantung dag-dig-dug-der……moga2 selamat sampe tujuan….heheheee….terhindar dari mara bahaya dan mala bencana…amiennnn ^_^’….kan bisa keliatan dr poto di samping. air laut doank yg kliatan disekeliling. kalo mabok lautan udah deh…..kaga bisa bergerak deh, bisa pusing 7keliling. untung berdasarkan pengalaman sebelumnya pergi ke pulau pramuka. jadi klo dikapal gini posisi paling tepat ga bikin mabok laut adalah ambil posisi di atas jangan di dalem khusus nya kapal kayu nelayan gini. di atas bisa liat pemandangan segar. kalo di bawah yg ada pengap…bener-bener ga enak posisinya.

NOTE :Bulan November sampai dengan Februari setiap tahunnya sering terjadi ombak yang besar (berbahaya), dan cuaca tidak begitu bagus biasanya terjadi pada bulan Mei sampai dengan Agustus.

Musim kunjungan terbaik: bulan Maret s/d Mei setiap tahunnya. (sumber : http://www.dephut.go.id/INFORMASI/TN%20INDO-ENGLISH/tn_kepulauanseribu.htm )

baru tau saya….ternyata….so pantesan aja selama perjalanan sering ketemu dengan ombak besar ditengah lautan…lah waktu kunjungan yg baik adalah bulan maret-mei, sedangkan saya berserta rombongan berangkat bulan JULI….. :)

Nah diatas sini lah banyak angin segar. bisa kelihatan kan rambut berkibar-kibar kebawa angin….heheheee…..seru deh klo ada diatas ^_^

Ini dia akhirnya memasuki wilayah pulau tidung juga. beneran dugaan saya, hamparan air laut nya jernih banget pulau yg bagus dan eksotik. hamparan pasir putih nya juga sudah kliatan berkilau dr kejauhan. i love beach……^_^’

kapal-kapal nelayan kecil sering hilir mudik keluar masuk dermaga pulau tidung. mereka sibuk menghantarkan para tamu pulau tidung menikmati pemandangan nan cantik. melihat laut sejernih ini serasa pengen lompat ke dalem air pengen berenang.

HARI PERTAMA menginjak daratan pulau tidung & mulai beraktifitas :)

VIEW4

Tiba di pulau tidung sekitar jam 10 an trus menuju penginapan yg lumayan jauh dari dermaga. berhubung salah satu asisten saya sudah berangkat duluan, maka salah satu asisten saya lah yang melakukan reservasi penginapan yang berupa jejeran home stay tuk menginapnya para tamu. homestay yg kita pilih seharga Rp500.000/net, dengan 3 kamar yg kesemua nya ber AC teras ada kumpul2 ada 2, ruang tamu ada sofa nya, ruang tv, 3 kamar mandi sampai halaman yang luas tuk bakaran ikan malam nya.

 

@home stay

istirahat rebahan setelah membagi2 kamar tuk di tempati lanjut cari makan siang yang banyak menyajikan warung-warung makanan di sana. sistem kita liburan kali ini adalah backpaker….seru juga seh…hehehee……makan siang pake indomi goreng plus nasi aja udah nikmat, mengisi perut yg kosong karena nga sempet sarapan .

A4

sepeda alat transportasi yang tersedia di pulau tidung

lanjut sholat zuhur, setelah itu sekitar jam 1 an hampir jam 2 kalo ga salah kita berencana tuk snorkling. beranjak lah kita ke rental penyewaan keperluan snorkling ditemani guard setempat yg kebetulan juga ngurusin tempat kita menginap. sewa sepeda pun sudah tersedia dgn tarif Rp10.000/hari/sepeda sudah disediakan dari si tempat menginapnya juga. kali jalan kaki di pulau ini bisa gempor deh coz ke mana-mana jauh apalagi kalo mau menikmati suasana pulau nan indah n eksotik ini. ga kuat deh klo jalan kaki. naek sepeda aja lumayan capek genjot nya di hamparan jalan berpasir. otomatis genjotan kita kan pake tenaga coz berat jalan sepeda diatas pasir.

A7

sepeda sewaan dgn tarif 10.000/hari

Udah gitu panas matahari jam segitu…aduh ga bisa diungkapan dgn kata2 deh. untung bawa kacamata hitam, silau matahari siang gitu bikin mata sakit. tp yg lain keliatannya nga ya. cuma saya yg pake kacamata hitam. faktor “U” mungkin…..wkwkkkkk….nyerah deh bikin silau plus pusing kena sengatan matahari siang langsung. so…..preper ya kalo mau menikmati pemandangan pantai bawa kacamata hitam deh. dari pada bermasalah dengan mata sendiri.

Untuk mengobati penasaran kita tentang pulau ini yg begitu fenomenal kita siap-siap berkeliling. sudah tentu keliling pake sepeda yg sudah kita sewa.

A21

berasa pulau pribadi – pasir putih & sepi :)

Hamparan pasir putih di sisi menjelang ujung pulau tidung besar sunggu mempesona dengan air nya yg jernih. serasa pulau milik pribadi karen cuma rombongan saya yg ada disitu. entah pengunjung-pengujung lain yg belum tau atau mereka masih enggan karena

A8

masih panas matahari sehingga banyak yg mengurungkan niat nya untuk keliling sampai senja tiba tuk melihat sunset. awalnya seh saya berfikiran begitu juga, tapi sayang kan dah sampai sana kalo ga bisa menikmati sepuas-puasnya. kalo mau tidur siang ya dirumah aja ga usah repot-repot ke sini…:D kapan lagi bisa menikmati kayak ini. ini semua nga gratis loh…banyak pengorbanan mulai dari ongkos ke sini sampai waktu yg saling mengsingkronkan waktu yg satu dengan yg lainnya. so…let’s go so fun…..^_^.

See…???? keliatan seperti pulau pribadi kan ??? sepi…..enak bener plus puas menikmatinya serasa ga pengen pulang kalau sikon (situasi n kondisi) kayak begini terus jauh dari peradaban permasalahan. kalau murah bisa beli pulau deh neh……hahahahaaaa….sarasa juragan minyak…..wkwkwkkkkk :)

panas terik matahari bisa berlindung di pinggiran pantai yg banyak di tumbuhi pohon-pohon nan rindang sambi terhembus angin laut nan segar. serasa surga dunia…:)

me n satu2 nya asisten perempuan yang bisa ikut

Air jernihnya terasa hangat enak maen-maen air gini. apalagi untuk berenang. mantab banget deh…..serasa ga mau beranjak-anjak dari dalem air. kalo udah keluar dr air biasanya jadi dingin karena angin laut nya berhembus kencang itu lah yang bisa bikin dingin…brrrr…..klo bisa pulang ke penginapan sambi berenang deh biar ga kedinginan.

ombak lautnya juga ga gede-gede banget, sangat bersabahat ombaknya. jadi aman-aman aja…:).

Saat nya mulai merambah ke snorkling…….siap-siap pasang pelampung nya deh. biar sedikit aman. apalagi buat yg nga bisa renang seperti saya….wkwkwkkk^_*’….nga bisa berenang tapi sangat suka pemandangan laut. kalo disuruh milih liburan kemana antara laut dengan gunung?? maka pilihan pertama saya adalah “laut”…i love beach :)

281297_2238658571167_1389114481_2560726_7465976_n

otw menuju pulau payung tuk snorkling

Dari pulau tidung menuju pulau payung kita menggunakan kapal penduduk setempat dengan tarif Rp350.000 sampai sore hari. perjalanan ke pulau payung lumayan jauh  sekitar 20-30 menit dari pulau tidung. ada sedikit menyeramkan juga perjalanan menuju ke sana karena angin yg besar membuat ombak mengombang ambingkan kapal kayu yg kami tumpangi jadi sedikit berpanik-panik ria.

tapi perasaan saya lebih menyeramkan kapal yg diombang ambing dengan kapal besar yakni kapal dari muara angke ke pulau tidung itu dibandingkan dengan kapal kecil tuk mengantar bersenorkling. ga tau kenapa ya bisa enjoy banget, kalo boleh milih pulang balik ke jakarta kalo memadai mau naek kapal ini aja. tapi nga mungkin….mau sampai ke jakarta berapa jam ?? hahahhaaaaa…….:))

perjalanan yang panjang & melelahkan…..tp karena memang tujuannya mau represhing ya nikmati aja semuanya. sayang di sia-siakan. paling-paling tar malem baru berasa capek-capek nya.

snorkling time……… :)

ini yang ditunggu-tunggu…..akhir nya nyemplung juga ke dalem air laut…….asinnn…….:D

siang-siang gini nekat nyemplung ke laut…item…item deh neh kulit…..tapi biar kan saja lah….kapan langi…..lanjuttttt……….^_^.

c104

sunset @ tidung island

snorkling terus berlanjut sampai menjelang sunset…..ini yang di tunggu-tunggu. moment di pantai yang di tunggu ya sunset n sunrise. sunset kali ini cakep banget. ga mendung so bisa menikmati dengan indahnya sang matahari kembali ke peraduanya di ganti kan sang malam yang menemani hari ku di pulau tidung ini. angin dingin laut juga mulai kerasa, laut pun aga sedikit pasang. ombak nya mulai beriak-riak menandakan malam akan singgah secepatnya. kita nya aja masih demen maen aer pd hal dah mau magrib……..heheheee……maklum rumah nya jauh dari laut jadi dipuas2in maen aer lautnya…..:D

sunset kali ini kita ambil posisi “di jembatan cinta” trenmark nya si pulau tidung……jembatan itu begitu pajang. sebenarnya sejarah nya tuh jembatan cuma sebagai penghubung antar tidung besar ( yang menjadi tempat penduduk) n tidung kecil (tempat konservasi kelautan di pulau tidung itu sendiri). tidung kecil nga ada rumah penduduknya, cuma kantor jagawana aja…….sebagai tempat penelitian mulai dari penanaman bibit mangruf yg nanti nya akan di tanam di beberapa pulau di kepulauan seribu. fungsinya supaya tanah2 di kepulauan seribu nga gampang terabrasi ombak laut.

C91

JEMBATAN CINTA trenmark nya pulau TIDUNG

tapi sekarang malah tuh jembatan dijuluki jembatan cinta segala….heheheeee……..udah gt pake di cat pink segala….kocak deh….tau aja penduduk sono ngewarnai nya sesuai dengan warna cinta…..^_^

C85background pulau TIDUNG KECIL

 

beck 2 menikmati sunset di jembatan cinta…….beuhhh…rame banget pengunjung nya. seru tapi berdesakan…….tumpah ruwah di situ para tamu pulau tidung. nice…pemandangan….langit pun mulai berwarna jingga serasa matahari mau terpendam ke dalam laut…….angin semilir-semilir berasa dingin menyambut angin malam……lumayan sejuk lah dari pada siang tadi panas nya ga nahan

Sunset pun berlalu….saat nya pulang ke penginapan tuk mandi yang abis berenang2 tadi trus makan malam bakar-bakaran ikan laut. mareeee…….ini yg gw suka klo refreshing ke laut…cari makanan seafood. cuma di kepulauan seribu ini jarang ya yg namanya udang. kalo cumi2 seh ada….ikan??? udah pasti ada….cuma udang yg ga ada. ga tau kenapa ya bisa ga ada…..kt penduduk setempat seh klo udang emang susah

HARI KE-2 DI PULAU TIDUNG

Maksud hati mau liat sunrise tapi apa daya kesiangan. coz se mlm pada tdr malam, saya aja tidur jam 11 an yg lain nya ada yg tdr jam 2 an. gimana ga pada kesiangan tuh. malah saya yang bangun duluan sekitar jam 1/2 6 an. itu aja langit dah mulai aga terang. yg lain nya masih pada tidur. rencana awal klo orang-orang pada ga bangun tuk liat sunrise…ya inisiatif sendirian aja liat sunrise di jembatan cinta. kata penduduk setempat seh bakal bagus pemandangannya. tapi akhir bareng-bareng juga liat surise nya, meski aga siang timing nya :)

SUNRISE kali ini ga secerah biasanya. ketutup awan mendung, kurang beruntung kita kali ini. pada hal kita bersunrise2 ria di jembatan cinta. jarak jembatan cinta sama penginapan lumayan jauh. so harus pake sepeda biar cepet sampe n ga capek jalan. saat itu kita jam nya barengan sama anak-anak berangkat sekolah. krn kan kita ke sana buka weekend. jembatan cinta sendiri deket lokasinya sama sekolah SMK setempat.

C80

sampai di jembatan cinta suasana nya masih sepi. penghuni lain nya masih belum beranjak ke situ, mungkin mereka masih kerasa lelah. apalagi yang berlibur nya cuma 2 hari 1 malam, itu kerasa banget capek nya. untung saya beserta rombongan ambil 3 hari 2 malam. sungguh…..puassssss ^_^.

duduk2 santai di jembatan penghubung tidung besar dgn tidung kecil. sambil menikmati udara dan angin pagi nan sejuk bertiup santai. riak ombak di air juga tidak terlihat besar. seperti hembusan angin santai saja. cocok tuk santai2 memang.

pensaran dengan tidung kecil kita beralih ke sana dengan berjalan kaki. pengen nya seh naik sepeda, tapi ga mungkin kyk nya. coz medan jalan yang susah tuk di lewati, yakni jembatan itu tadi.

ta…rraaaaaaa………….

akhir nya masuk ke dalam tidung kecil. tidung kecil ini kyk hutan mini. semua nya hanya ada lebatnya pepohonan dan rumput2 yang tinggi. ilang2 tinggi tumbuh disekeliling jalan setapak. suara2 burung ramai bersahutan diatas pohon. mungkin burung2 yang singgah ato bersarang di pepohonan pulau tidung. karena memang tidung kecil tidak diperuntukan untuk pemukiman, melainkan untuk konservasi alam liar.

kecerian mengambil moment tak terlupakan dari hasil jepretan2 nan indah…….hehehheeeeeee…………alias narsis :D

berjalan menyusuri jalan setapak pengen tau samapi di mana ujung nya si pulau tidung ini. akhirnya sampai juga di kantor nya jagawana. dengan pemandangan laut nan indah pasir putih nya, bening nya air laut sampai-sampai pasir yg ada di dasar laut pun bisa kelihatan dari sini. santai sejenak menikamti angin semilir2 pemandangan di depan laut lepas berpasir putih.

C65

santai @ tidung kecil ;)

santai rebahan di ayunan punyanya si para jagawana kale yeee……enak neh suasana kayak gini….mareeee tidur siang………..heheheee

C67

alhamdulilah sepi

 

sepulangnya dr tidung kecil kita beda arah, kita serobot jalan pintas kekanan menerobos rimbunya hutan mini dari si tidung kecil ini. agak geri juga seh takut ada binatang hutan apa lagi ular. moga2 jangan sampai deh ketemu ama tuh binatang.

dann…taraaaaaa……….pemandangan alam tidung kecil di lihat dari sisi lain adalah seperti ini 

Selesai dari tidung kecil sekitar jam 11 an siang. Saatnya pulang untuk mandi dan makan siang. Ternyata sial lg menghampiri gw, salah satu sepeda sewaan yg kita bawa sebagai alat transportasi hilang. Tidak terparkir bersama-sama sepeda rombongan gw. Aneh nya knp mesti sepeda gw seorang. Pd hal kita rombongan, panik??? Jelas lah….yg ada dipikiran gw adalah saat itu ga mau lah gw mesti ganti tuh sepeda. Alhasil solusinya gw kontak sipemilik sepeda yg udah menyewakan ke kita dari hari pertama. Lumayan lama nunggu nya sampai bete kita nunggunya karena mungkin kita lapar juga. Coz ga sempet sarapan kan kita tadi pagi. Akhirnya gw lega ternyata begitu diceritain sang pemilik, sekaligus kasihan seh gw. Harta dia hilang satu.

Setelah dengar ceritanya bener juga. Ga mungkin si pencuri keluar pulau. Mau tenggelam meninggalkan sipulau eksotik ini. Jadi kejadian kyk gini sering terjadi. Sungguh GA RESPEK ulah pengunjung yg katanya asal dari jakarta. KENAPA gw bilang gt ??? plzzz….deh jangan bawa ulah jahat “nyolong” lo di sini. Karena begitu si pemilik cerita biasanya pengujung yg ga bawa sepeda ke situ suka maen ambil sendiri tanpa tau itu ada pemiliknya atau nga. Mereka pikir sepeda yg terparkirkan diperuntukan mereka. Padahal nga….hayuuu ngaku siapa yg pernah berbuat begitu???? Malu donk ahh…tanya-tanya dulu kek ke penduduk setempat. Kan ada petugas parkir nya, meski ga selalu dekat-dekat dengan sepeda tuh petugas nya. Cuma ya kalian orang yg terdidik coba lah ber moral dikit. Karena tau ga??? Begitu kalian bawa sepeda itu ke penginapan otomatis oleh si pemilik penginapan atau siapa pun akan dirubah indentias nya yaitu berupa cat khusus yang menandakan tiap-tiap penginapan. See…??? jelaskan kalian punya andil dalam kejahatan pencurian…..kasian pemilik aslinya. Yg saat itu pemilik sepeda gw, seorang bapa tua yg mengandalkan biaya keluarganya dari sewa si sepeda itu. Sekarang mengerti kan ????? SMOGA @_@….sekali lagi, jadi tiap penginapan  memberikan tanda khusus berupa cat yg ada disepeda sewa an nya masing-masing.

Sebelum mampir kepenginapan kita berinisiatif makan siang dulu di warung makan yg banyak disajikan di pulau tidung ini. Ternyata makan tempe tahu di pulau seperti ini enak rasanya….heheheee. coz gw bukan penikmat sejati si tempe tahu ini, kalau di rumah tersajikan lauk ini biasanya ga gw colek sama sekali….hehehee. begitu jauh berada di tempat sebrang sana baru terasa nikmatnya tempe tahu. Lauk lain yg gw pilih adalah cumi. Enak juga neh cumi….gede pula ukurannya. Biaya makan nya Cuma 10.000 an aja. Hawa panas di pulau membuat gw jadi haus mulu serasa pengen minum es mulu. Eehh…neh pulau keren juga bisa membaca peluang bisnis, ada yang jual es poci. ^_^….seger bangetttt.

Saatnya kembali ke penginapan, istirahat trus sholat dzuhur. Udara siang nan panas apalagi dipulau yang dikelilingin lautan. Ac di kamar pun serasa tidak dingin, maklum ac merk cina kale yaa…heheheeee.

Sekitar jam 2 an kita keluar penginapan menikmati alam pulau tidung. Karena hari pertama udah survey sekeliling pulau tidung, siang ini tetep ke salah satu wilayah pulau tidung yg seperti pulau pribadi kemaren, plus survey lokasi lapangan tuk acara nanti malam yang nama nya art lighting. Salah satu hobynya asisten gw itu si fotografer yg bawa kamera LSR nya.  Lucu juga tuh anak, tas ransel bawaannya paling Cuma bawa 1 or 2 stel pakaian sisanya pasti tuk naro peralatan  kameranya….heheheee.

Awalnya Cuma main percikan air laut aja tapi lama-lama pengen berenang-berenang juga. Yipiiii…..nyebur juga akhirnya narsis pasang gaya sambi berfoto-foto ria. Asik nya mandi dilaut sambi berenang.

 

 

Jam ga terasa udah jam 5 sore aja. Kita mesti menuju keujung pulau dimana sunset nya bisa terlihat jelas. Beranjak lah kita menuju kesana dengan mengendarai sepeda yg kita bawa. Kalo jalan kaki ??? ga mungkin….hahahahaaa…..JAUH .

sunset kali ini adalah sunset ke-2 gw berada ditidung……sssoo beautiful. Sampai di tempat ternyata bukan Cuma rombongan kita yg kesana. Ternyata udah banyak orang duluan yg start di sana.

Rame euyyy……maklum tidung lagi boming-boming nya. Yg berpasang-pasangan juga banyak…heheheee. sunset yg sungguh indah dan cantik. Pesona alam yang tiada tara. Langit jingga mewarnai seiring sedikit demi sedikit sang matahari tenggelam kembali keperaduan nya, Lukisan alam nan indah. Semakin lama semakin gelap hilangnya matahari dari pandangan. Kita semua pun kembali ke penginapan.

Semua serentak berbarengan meninggalkan tempat tersebut jangan sampai ke malam an di situ. Karena bakal gelap gulita tidak ada lampu penerang jalan. Masih dalam keadaan baju yg basah setelah main air tadi kembali ke penginapan. Smoga ga masuk angin…hehehee. untuk mencegah hal itu gw pesen kopi susu panas di warung depan penginapan. Heemmm…enak neh kopi hangat di badan. Harga kopi nya dibandrol 2.000/ gelas. Harga yg murah tinggal minum ga repot-repot nyeduh.

Maghrib kita sholat dulu trus cari makan malam ke arah kiri penginapan. Ketemu lah warung makan dgn menu pecel ayam ato ayam goreng dengan jeruk manis hangat. Dikira malam ini bakalan dingin, ternyata salah. Ga dingin sama sekali, gw dah bawa jaket aja. Aneh malah ya neh pulau-pulau yg ada digugusan kepulauan seribu. Lautnya malam-malam gini juga ga berombak beriak-beriak. Santai banget ombaknya plus ga ada angin laut berhembus. Kemana neh angin biar ga pengap aja, atau mungkin neh pulau membelakangi arah angin kale ya. Pecel ayam dibandrol sama dengan dijakarta 15.000/porsi. Perut kenyang aktifitas selanjutnya diteruskan.

Kepenginapan Cuma ngambil alat art lignting tadi. Posisi kita pilih kearah kanan dilapangan bola yg jauh dr penginapan td yg sudah kita survey siang tadi. Sepeda tetep jadi teman setia mengantarkan kita sampai ketempat tujuan. Gilingan…serem amat neh jln nya gelap gulita euyy….itu juga pake penerangan senter untuk menerangi jalanan. Jalannya pun secara berurutan, jgn sampai terpencar. Gw ambil posisi ditengah saking takut nya. Tuh anak-anak malah enjoy banget dah ah….hahahahaa. ini dia hasil dari art lighting

283566_2060542566387_1629373430_2010039_1731178_n

lighting art – LABINTDAS = Lab Internet Dasar

Sampai dilokasi Lapangan itu gelap gulita tidak ada penerangan dan jauh dari rumah penduduk. Penerangan alami Cuma datang dari bulan aja yg terang bulat di langit pulau tidung. Pengunjung Yg lain mungkin udah pada tidur di penginapan masing-masing. Gw n rombongan malah ngelayap gelap-gelapan. Pesona anak muda emang lain dah ahhh…hahahahaa. bulan purnama semakin lama semakin membubung naik keatas. Sinarnya pun terlihat terang sampai hamparan laut pun sedikit kelihatan dikit demi dikit. Begitu mau memasuki jam 12 malam mata ini ga bisa ditipu deh. Gw dgn beberapa rombongan lainnya pengen pulang ke penginapan. Karena mata sudah mulai protes mengantuk ingin segera ditidurkan. Untung ada temen nya yg mau balik pulang kepenginapan tuk tidur. Klo sendirian ??? ga mungkin berani deh aahh….heheheee.

Sesampainya di penginapan ga berapa lama langsung tidur terlelap gw. Bahkan sampai rombongan yg terlambat pulang aja gw ga tau kedatangannya. Saking lelah nya aktifitas tadi siang mungkin sehingga membuat gw cepet terlelap tidur. Akhirnya mereka pulang juga. Katanya seh itu jam 3 pagi. Mereka pulang juga karena hujan rintik. Ya udah itu yg membuat mereka terpaksa pulang.

hari ke -3

Bangun pagi pun yg paling awal adalah gw sekitar jam 5 an. Itu juga udah sedikit terang langitnya. Pagi ini saat nya kita pulang balik ke jakarta, jangan sampai yg lain nya bangu kesiangan. Cukup puas bahkan sangat puas berada di pulau tidung ini 3 hari 2 malam. Biayapun tidak semahal yg diperkirakan, atau yg sudah dibandrol para EO yg berlomba-lomba mencari pelanggan. Usulan backpaker ini dari salah satu asisten gw yg sudah pernah kesini sebelumnya. Selain murah dalam hal pengeluaran ternyata dapet beberap diskon harga penginapan. So….lucky emang kita-kita ini….heheheee. Kapal bakal berangkat sekitar jam ½ 8 pagi. So gw preper bangunin rombongan jangan sampai kesiangan. Karena belum mandi, belum sarapan. Aktifitas yg memerlukan waktu. Bener aja akhirnya abis sarapan kita langsung beranjak meninggalkan penginapan dengan tergesa-gesa karena menurut info sang guide yg sering menemani kita kemarin bilang kalau kapal nya sudah bersandar dipelabuhan. Pd hal itu baru jam 7 kurang. Terpaksa lah kita buru-buru dan lari-lari an menuju pelabuhan. Baru kali ini kapal yg menunggu kehadiran kita….hahahhaaaa. untung nya ga penuh tuh kapal jadi aman meski telat sampai dikapal tapi kita bisa cari posisi diatas kapal yg dikasih terpal. Memang posisi itu yg kita incar.

So GOODBYE….tidung…..c u……..kapal pun mulai meninggalkan pelabuhan tidung sedikit demi sedikit sampai akhirnya hilang dikejauhan. Sepanjang jalan kembali ombak nya sering beriak-beriak membuat gw serta penumpang lainnya ngeri. Tapi bisa-bisa nya ada beberapa orang yg bisa tertidur lelap….hahahahaaa…..sampai pula di pelabukan jakarta muara angke sekitar jam 11 an. Alhamdulilah…akhir nya menginjak daratan juga.i back to jakarta pulaaaa………….SENANG nya ^_^.

Kesimpulan :

Biaya backpaker lebih bisa dikontrol dan bisa menjadi harga yg murah. Untuk membawa barang berupa makanan kita mesti survey dulu ke orang-orang yg pernah ke tempat tujuan ato cari-cari info nya di internet. Supaya disana kita tidak menjadi sengsara ketidakadaanya logistik. Atau malah kelebihin logistik makan an karena ketakutan ketidakadaan logistik makan an di sana atau kelaparan. Kebetulan di PULAU TIDUNG ini semuanya sudah tersedia. Mulai dari warung-warung makan sampai dengan toko-toko kelontong mini mereka sudah sediakan. So ransel jadi ga usah banyak-banyak bawaannya. Bukti nya gw sama rombongan Cuma cukup bawa 1 ransel aja. Karena kita tidak ada yg bawa makanan. Semua sudah tersedia disana kalau mau beli.

sedikit gambaran biaya yg sudah kita keluarkan bersama :

ongkos kapal pp = @ 33.000 —-> 66.000/orang

penginapan = hr ke-1 500.000 + hr ke-2 350.000 (didiskon sama pemilik penginapan) = 850.000/11 orang = 77.272 ambil bulat 75.000/orang

sewa sepeda : hari ke -1  10.000/hari + hari ke -2 5.000 (didiskon ama pemiliknya ) = 15.000/orang

alat snorkling nya & sewa kapal lupa harga sewa nya ……sorryyy :( yg pasti ga >100.000/orang

kalau pun sampai 100.000 (sewa kapal n snorkling) + 75.000 (penginapan) + 66.000 (ongkos kapal PP) + 15.000 (sewa sepeda) = 256.000 /orang —-> wisata tidung 3 hari 2 malam :)

klo ditambah makan tinggal ditambahin aja harga2 makan yg udah di tulis diatas….selamat menghitung :)

Smoga cukup bermanfaat ^_^…….wasaalam wr wb…..:)

GALERI :

terumbu karang

terumbu karang

VIEW5

hamparan peraira pulau tidung yg surut di siang hari

hamparan perairan pulau tidung yg surut di siang hari

sunset dipualu TIDUNG

sunset dipulau TIDUNG

sunrise yg tertutup awan mendung

sunrise yg tertutup awan mendung, yg diujung jembatan sana ada pulau TIDUNG KECIL tak berpenghuni

sunrise dipulau tidung

sunrise dipulau tidung

santai sejenak di  pulau TIDUNG KECIL

santai sejenak di
pulau TIDUNG KECIL

me & rombongan di pulau tidung kecil

me & rombongan di pulau tidung kecil

Hamparan cantik pasir putih di pulau TIDUNG

Hamparan cantik pasir putih di pulau TIDUNG

IMG0199A

it’s time to snorkling😀

fun to snorkling

fun to snorkling😉

say.......snorkling...yippiiyyy :D

say…….snorkling…yippiiyyy😀

it's so fun :)

it;s so fun😉


fun....and....fun :D

fun….and….fun😀

byyuuurrrr ;)

byyuuurrrr😉

eehhhh......ada sibintang laut :)

eehhhh……ada sibintang laut🙂


22 responses to “pulau TIDUNG kepulauan seribu (19-21 juli 2011)

  1. Heya this is kinda of off topic but I was wondering if
    blogs use WYSIWYG editors or if you have to manually
    code with HTML. I’m starting a blog soon but have no coding skills so I wanted to get guidance from someone with experience.
    Any help would be greatly appreciated!

  2. you’re truly a good webmaster. The website loading speed is incredible.
    It seems that you’re doing any distinctive trick. Furthermore, The contents are masterwork.

    you’ve performed a fantastic job in this matter!

  3. I was suggested this website by my cousin. I am not
    sure whether this post is written by him as nobody else know
    such detailed about my difficulty. You are amazing!
    Thanks!

  4. Wonderful blog! Do you have any tips and hints for aspiring writers?
    I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.

    Would you recommend starting with a free platform like WordPress
    or go for a paid option? There are so many choices out there that I’m completely confused ..
    Any suggestions? Thanks a lot!

  5. Luann says:

    I enjoy, result in I found exactly what I used to be having a
    look for. You’ve ended my 4 day long hunt! God Bless you
    man. Have a nice day. Bye

  6. 368 says:

    There’s definately a great deal to learn about this subject.
    I like all the points you’ve made.

  7. Hello to every , as I am truly eager of reading
    this website’s post to be updated daily.
    It includes pleasant data.

  8. I appreciate, lead to I discovered just what I used to be having a look
    for. You have ended my four day lengthy hunt! God Bless you man. Have a nice
    day. Bye

  9. Hello colleagues, its enormous article on the topic of cultureand completely defined,
    keep it up all the time.

  10. We’re a bunch of volunteers and starting a brand new scheme in our community.
    Your web site offered us with helpful information to work on. You’ve done
    a formidable task and our whole neighborhood will be thankful to you.

  11. I all the time emailed this webpage post page to all my contacts,
    for the reason that if like to read it next my friends will too.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: