essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Faktanya, Nasi Bukanlah Makanan Asli Indonesia

on August 2, 2013

SUMBER : Faktanya, Nasi Bukanlah Makanan Asli Indonesia

 

 

Vemale.com – Benarkah makanan utama bangsa Indonesia hanya nasi? Meskipun padi adalah hasil utama pertanian sejak masa Majapahit, namun makanan pokok di setiap daerah bermacam-macam. Tanah Nusantara subur untuk berbagai jenis tanaman perkebunan dan lading seperti jagung, singkong, pisang, ubi dan lain sebagainya.

Strategi pengembangan perkebunan dan perladangan menjadi tulang punggung strategi ketahanan pangan berbagai kerajaan di Nusantara terutama di kerajaan besar seperti Majapahit dan Sriwijaya. Sehingga muncul jenis pertanian basah (sawah) dan kering (ladang, perkebunan).

Dalam penelusuran sejarah, masyarakat yang tinggal di berbagai pulau di Nusantara justru hidup dari perburuan, termasuk menangkap ikan dan mengkonsumsi ubi dan akar-akaran. Teknologi pertanian dan ketrampilan bercocok tanam baru diperkenalkan ketika bangsa Austronesia bermigrasi ke wilayah Nusantara.

Bagaimana dengan paradigma konsumsi makanan pokok kita saat ini? Kondisi Indonesia saat ini tidak kondusif lagi dalam segala hal jika dibandingkan dengan masa keemasan kerajaan Nusantara, terkait masalah agraria. Salah satu cara yang sangat baik dilakukan bersama adalah melakukan diversivikasi pangan, yaitu dengan melepas ketergantungan kita pada beras.

Banyak orang masih mencari nasi setelah makan mi goreng, pizza atau kentang goreng karena ketergantungannya akan nasi. Ini salah kaprah karena asupan karbohidrat ke dalam tubuh jadi berlebihan, sehingga berakibat pada masalah kesehatan, termasuk obesitas dan masalah metabolisme, seperti diabetes dan lain-lain.

Perubahan gaya hidup dan pola makan memang perlu upaya ekstra, tetapi beruntung kalangan muda dan anak-anak Indonesia jauh lebih mudah beradaptasi. Mereka saat ini sudah akrab dengan roti, kentang goreng, mi dan tak tergantung nasi.

Jika Anda yang peduli pada diri dan keseimbangan global termasuk kedaulatan pangan, ayo ambil tindakan nyata: be creative and let’s act!

 

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: