essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Makan Diselingi Minum Bisa Menyebabkan Penyakit Lho!

on August 2, 2013

SUMBER : Makan Diselingi Minum Bisa Menyebabkan Penyakit Lho!

 

 

Vemale.com – Menyantap makanan memang paling nikmat ditemani dengan segelas minuman segar. Banyak dari kita yang terbiasa makan diselingi dengan minum. Mungkin maksudnya adalah agar tidak mudah tersedak atau mengistirahatkan gigi sejenak untuk mengunyah. Tapi tahukah Anda ladies, bahwa sebenarnya makan itu tidak boleh diselingi dengan minum?

Faktanya, minum air saat tengah makan bisa berakibat buruk bagi pencernaan dan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh minum saat sedang makan bisa menghambat pencernaan dan meningkatkan tingkat insulin dengan cepat. Konselor makrobiotik Shonali Sabherwal menjelaskan bahwa meningkatnya insulin ini berpengaruh kepada pencernaan. Apalagi bila Anda menderita diabetes maka risiko penyakit pencernaan ini akan semakin tinggi.

Cairan pencernaan yang semakin menipis membuat pencernaan semakin lambat untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Semakin lama makanan dicerna maka organ tubuh juga akan bekerja lebih keras. Karena itulah sebaiknya minum segelas air putih 2 jam sebelum atau sesudah makan. Terdengar aneh ya? tapi begitulah faktanya ladies. Lebih baik tidak minum apapun selama 2 jam sebelum atau 2 jam sesudah makan agar pencernaan sehat.

Selain menyebabkan pencernaan bermasalah, makan diselingi minum juga menyebabkan asam meningkat dan rasa mulas. Tak hanya itu, minum air saat makan juga meningkatkan kadar insulin dalam darah dan membuat tubuh lebih cepat menimbun lemak. Wah ternyata lemak yang menumpuk di perut juga bisa karena cara makan kita yang salah ya ladies!

Bila Anda ingin pencernaan sehat dan tidak terkena penyakit, maka jangan makan diselingi minum dan beri jeda antara makan dan minum. Agar tidak mudah haus, Shonali memberi tips agar jangan makanan yang terlalu asin atau pedas karena akan memancing rasa haus dan ingin minum terus menerus. Yang terakhir, jangan makan dengan tergesa-gesa agar makanan tak tersangkut di tenggorokan, kunyah hingga halus dan baru ditelan.

Menghindarkan diri dari penyakit yang disebabkan oleh kebiasaan yang salah itu tidak susah kok ladies. Yang Anda butuhkan hanya konsistensi dan membiasakan diri untuk disiplin menjalani pola hidup sehat. Coba yuk ladies!

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: