essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Dunia Dikuasai Orang-orang Bergolongan Darah O

on November 15, 2013

woww….terjawab sudah…..penasaran saya dgn yg nama nya golongan darahūüôāūüėČ

saking penasarannya knp bangsa “itu” golongan darah nya adalah “itu”….kenapa bangsa “ini” golongan darahnya adalah “ini”

saya berfikir pasti ada teori ilmiah yg bisa menjelaskannya. memang seh tidak 100% mutlak, hanya saja kalau sudah mendekati nilai “dominan” jadi penasaran sendiri. wajar tidak bisa mencapai angka mutlak 100% karena seiring nya waktu berdasarkan garis keturunan yg diawalin dari golongan darah orang tua yg berbeda. yg paling menonjol untuk saya adala begitu melihat biodata para orang-orang atau artis-artis korea maupun jepang kebanyakan bergolongan darah A atau B tapi kebanyakan seh “AB” ¬†:D

sesuai dengan artikelnya yg berisi demikian : “AB adalah golongan darah yang paling jarang dimiliki di seluruh dunia, namun paling banyak ditemukan di Jepang, Korea dan beberapa wilayah di China” ………UNIKKK yaaaaūüėČ

berikut teori ilmiahnya yg di paparkan oleh “detik health”

sumber : dunia-dikuasai-orang-orang-bergolongan-darah-o

Jakarta, Di setiap negara, golongan darah yang paling paling banyak ditemui tidak selalu sama tergantung etnis yang mendominasi. Namun secara umum, di seluruh dunia darah golongan O+ paling banyak ditemukan sementara golongan AB- paling jarang. 

Berdasarkan faktor rhesusnya, golongan darah yang memiliki rhesus positif lebih banyak dibandingkan rhesus negatif, dengan perbandingan 85 persen dan 15 persen. Artinya golongan A+, B+, AB+ dan O+ secara umum lebih mudah ditemukan dibandingkan versi negatifnya. 

Sementara dari semua jenis golongan darah yang dikenal, golongan darah O rhesus positif atau O+ adalah golongan darah paling banyak ditemukan yakni mencapai 35-40 persen dari populasi dunia. Golongan AB rhesus negatif atau AB- paling jarang ditemukan, hanya sekitar 0,45 persen dari populasi. 

Tidak diketahui pasti apa sebabnya, namun masing-masing golongan darah memiliki dominasi sendiri di wilayah tertentu seperti dikutip dari NCBI, Selasa (8/5/2012) berikut ini: 

Golongan Darah O: Amerika 

Dibanding golongan darah lain, jumlah pemilik golongan darah O paling dominan di seluruh dunia terutama di Amerika dan Eropa Barat. Di antara penduduk asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan, perbandingannya sangat tinggi hampir mendekati 100 persen. 

sumber : Wanita Berdarah O Paling Cepat Alami Penurunan Jumlah Sel Telur

Jakarta, Sebagian besar wanita yang berusia 30-an tahun mulai menggunakan bantuan medis untuk meningkatkan kesuburan. Hal ini bukan hanya karena faktor usia saja tetapi golongan darah rupanya memiliki pengaruh terhadap kesuburan.

Wanita dengan golongan darah O cenderung mengalami penurunan jumlah cadangan sel telur dibandingkan golongan darah lain. Wanita dengan golongan darah O dua kali lebih berisiko mengalami penurunan kesuburan dibandingkan wanita dengan golongan darah A dan AB.

Dokter menyatakan bahwa cadangan sel telur akan berkurang pada wanita yang berusia 30-40 tahun, tapi bisa juga terjadi pada usia dini. Penelitian ini telah dipublikasikan secara online dalam jurnal Human Reproduction edisi 26 Juni 2011.

“Terdapat subkelompok wanita yang masih muda tetapi tubuhnya bertindak seolah-olah lebih tua dan jumlah sel telur dalam ovariumnya lebih sedikit,” kata Lubna Pal, seorang peneliti endokrinologi reproduksi di¬†Yale UniversitySchool of Medicine¬†seperti dilansir dari¬†MSNHealth, Rabu (21/3/2012).

Para peneliti mengukur tingkat follicle stimulating hormone (FSH) untuk mengetahui apakah cadangan sel telur dapat berkurang. Sekitar 544 wanita di Connecticut dan New York yang menggunakan bantuan kesuburan rata-rata berusia 35 tahun.

Setelah memperhitungkan dampak usia para peneliti menemukan bahwa, wanita dengan golongan darah O memiliki kadar FSH cukup tinggi yang mengindikasikan berkurangnya cadangan sel telur. Wanita dengan golongan darah O dua kali lebih berisiko mengalami penurunan kesuburan dibandingkan wanita dengan golongan darah A dan AB.

“Sel darah merah memiliki molekul yang menempel pada permukaan sel seperti tiang bendera. Orang dengan golongan darah A, AB, dan B memiliki enzim yang dapat memodifikasi molekul tersebut seperti proses menaikkan bendera pada tiang. Pada golongan darah O, bendera tampaknya tidak dinaikkan. Ada kemungkinan bahwa dalam darah tipe O melakukan beberapa fungsi yang tidak diketahui dalam sel ovarium,” kata Pal

Golongan Darah A: Eropa Timur dan Tengah 

Negara-negara seperti Austria, Denmark, Norwegia dan Swiss memiliki perbandingan jumlah pemilik golongan darah A cukup tinggi, mencapai 45-50 persen. Juga di beberapa tempat yang populasinya tidak terlalu besar seperti suku Indian Blackfoot di Montana, perbandingannya mencapai 80 persen. 

Golongan Darah A Rentan Infeksi Perut :

sumber : http://health.detik.com/read/2012/04/17/130423/1894304/763/golongan-darah-a-rentan-infeksi-perut?l771108bcj

Jakarta, Golongan darah bisa menentukan peluang Anda untuk terinfeksi oleh strain rotavirus. Beberapa strain rotavirus menemukan jalan untuk masuk ke dalam sel saluran pencernaan dengan mengenali antigen yang berkaitan dengan golongan darah A.

Rotavirus adalah patogen usus utama yang menyebabkan dehidrasi dan diare parah pada bayi di seluruh dunia. Diperkirakan ada 500.000 orang di seluruh dunia yang meninggal karena infeksi ini setiap tahunnya.

Menurut sebuah studi baru di Baylor College of Medicine, AS, struktur kunci dari strain virus yang dikenal sebagai P [14] tersebut memberi petunjuk bagaimana virus ini menginfeksi sel-sel manusia.

Dalam strain rotavirus yang menginfeksi binatang, puncak lonjakan virus menempel pada sel melalui glikan (salah satu jenis struktur karbohidrat kompleks) dengan sebuah molekul asam sialic.

Namun tampaknya ini tidak terjadi pada strain virus yang menginfeksi manusia. Peneliti percaya bahwa strain rotavirus manusia terikat pada glikan dengan molekul asam sialic internal, tetapi peneliti tidak tahu bagaimana hal ini terjadi.

Bersama kolega di Emory (University School of Medicine), peneliti telah melakukan analisis susunan glikan untuk melihat glikan mana yang berinteraksi dengan puncak lonjakan virus (disebut VP8*).

“Satu-satunya jenis glikan yang berinteraksi dengan VP8* adalah jenis antigen histo-blood group A,” ujar Dr. B.V. Venkataram Prasad, profesor biokimia dan biologi molekular di BCM seperti dilansir dari¬†New Kerala, Selasa¬†

Golongan Darah B: Asia 

Etnis China dan India paling banyak memiliki golongan darah B, kurang lebih mencapai 25 persen dari populasi. Golongan darah ini paling jarang ditemukan di kalangan penduduk asli Amerika dan Eropa, yakni hanya sekitar 10 persen. 

Golongan Darah AB: Asia Timur 

AB adalah golongan darah yang paling jarang dimiliki di seluruh dunia, namun paling banyak ditemukan di Jepang, Korea dan beberapa wilayah di China. Di beberapa tempat tersebut, perbandingan jumlahnya tak lebih dari 10 persen dari populasi.

sumber : Golongan Darah AB Paling Berisiko Kena Stroke

Jakarta, Stroke terjadi ketika aliran darah di otak terganggu. Berbicara tentang darah, ternyata golongan darah tertentu lebih berisiko menyebabkan stroke dibandingkan golongan darah lainnya.

Dr. Joann Manson, Profesor Epidemiologi di Harvard School of Public Health yang juga menjabat sebagai kepala divisi Preventive Medicine di Harvard’s Brigham and Women’s Hospital meneliti hubungan antara golongan darah manusia dan risikonya terhadap stroke.

Seperti dilansir¬†MedicalNewsToday.com, Jum’at (18/11/2011), ia melakukan pengamatan pada lebih dari 90.000 orang pria dan wanita selama 20 tahun lebih dan menemukan bahwa:
1. Golongan Darah tipe B berkaitan dengan peningkatan 17% risiko stroke pada wanita, tapi tidak pada pria.
2. Golongan darah AB berkaitan dengan peningkatan 29% risiko stroke iskemik baik pada pria maupun wanita.

Stroke iskemik disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah di otak. Jenis lain dari stroke adalah stroke hemoragik, yaitu pecahnya pembuluh darah yang lemah, dan Transient Ischemic Attack (TIA) atau “stroke mini” yang disebabkan oleh gumpalan sementara pada pembuluh darah.

Ketika membandingkan golongan darah AB dengan golongan darah O, Dr Manson menemukan bahwa golongan darah AB berkaitan dengan risiko stroke 28% lebih tinggi pada wanita dan 32% lebih tinggi pada pria.

Perbedaan golongan darah mencerminkan perbedaan glikoprotein pada permukaan sel darah merah yang akan mempengaruhi pekembangan sistem kekebalan tubuh. Menurut Dr Manson, perbedaan ini dapat mempengaruhi kekakuan sel darah merah sehingga beberapa jenis golongan darah lebih mudah membentuk gumpalan dan membeku daripada golongan darah lain.

Informasi ini diharapkan dapat membantu mengidentifikasi risiko stroke. Orang yang memiliki golongan darah yang berisiko stroke mungkin memiliki faktor risiko lain sehingga dapat lebih diketahui profil risiko secara keseluruhan.

Untuk selanjutnya, informasi ini juga akan berguna untuk memberi rekomendasi gaya hidup sehat melalui olahraga yang intensif dan makanan bernutrisi.

Dr Manson juga menjelaskan bahwa hubungan antara golongan darah dengan risiko stroke tersebut sebaiknya tidak dianggap sebagai peringatan bahaya, tetapi dapat menjadi satu alasan pentingnya menjaga tekanan darah dan kolesterol tetap dalam batas normal.


3 responses to “Dunia Dikuasai Orang-orang Bergolongan Darah O

  1. Thanks Bener gan Atas infonya ,gak nyangka ane golongan darah ane paling Langka T_T

  2. Web Design says:

    Baru aja iktu menyumbangkan darah, baru pertama kali ini ikut donor darah, ternyata setelah mendonorkan darah, bayak dapet makan ya
    hahahahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: