essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Ke Luar Negeri, Ini 7 Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari

on November 21, 2013

sumber : Ke Luar Negeri, Ini 7 Bahasa Tubuh yang Harus Dihindari

1. Mengacungkan jempol

Mengacungkan jempol merupakan tanda setuju di negara-negara barat. Bagi masyarakat Jawa, jempol digunakan untuk menunjukkan arah secara sopan. Tapi di Iran dan negara-negara Timur Tengah, mengacungkan jempol berarti kasar.

Disebut dengan ‘bilakh’ di Iran, mengacungkan jempol artinya ‘terserah’. Bahkan kalau Anda sedang traveling dan berdiri di pinggir jalan, mengacungkan jempol pada kendaraan yang lewat berarti ‘silakan lewat’ bukan minta berhenti.

2. Gerakan jari ‘OK’

Gerakan jari OK, dengan jempol dan telunjuk membentuk sebuah lingkaran, tampak biasa saja di berbagai negara termasuk Indonesia. Tapi hati-hati, gerakan tangan ini bisa berarti kasar di beberapa negara Mediterania seperti Turki, Brazil, dan Yunani.

Tanda ini dianggap memberi sinyal kalau seseorang adalah pengecut atau orang kurang ajar. Gerakan ini juga berarti homoseksualitas. Di beberapa negara Timur Tengah, gerakan ini juga berarti mata setan.

3. Menggunakan tangan kiri

Di negara-negara Muslim, jangan gunakan tangan kiri untuk berjabat tangan. Sama halnya untuk makan, atau memberi suatu barang. Tangan kiri dianggap kotor, jadi sangat tidak sopan kalau digunakan saat bertemu orang lain.

4. Menggunakan telunjuk

Di banyak negara, kurang sopan kalau Anda menggunakan telunjuk untuk menunjuk arah. Di negara manapun Anda berada, gunakanlah seluruh tangan terbuka untuk menunjuk arah.

5. Gerak keakraban yang berlebihan

Beberapa negara punya gerakan keakraban sendiri yang tampak aneh di mata turis asing. Negara-negara Mediterania misalnya, penduduk biasa saja mencium pipi satu sama lain baik itu wanita maupun pria.

Di beberapa kawasan Muslim seperti Timur Tengah, Qatar, dan Arab Saudi, wanita tidak diperkenankan berjabat tangan dengan pria. Di negara-negara Buddha termasuk Thailand, sangat kasar jika Anda menyentuh kepala warga lokal. Oleh karena itu, lebih baik persilakan orang lain memperkenalkan diri terlebih dahulu.

6. Gerakan kaki

Di negara-negara timur, kaki dianggap sebagai bagian tubuh yang kurang bersih. Sangat tidak sopan bila Anda menunjuk sebuah tempat menggunakan kaki.

7. Mengedipkan mata

Jangan mengedipkan mata kepada siapapun di India, kecuali Anda punya maksud seksual!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: