essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Minum Kopi Pun Ada Waktunya Lho!

on January 25, 2014

sumber : Minum Kopi Pun Ada Waktunya Lho!

Bagi orang-orang yang telah kecanduan kopi, badan rasanya lemas dan kepala berputar-putar jika sehari saja lupa tidak menikmati minuman berwarna hitam ini. Namun tahukah Anda bahwa minum kopi pun ada aturannya.

Menurut situs thoughtcatalog.com, kopi mempunyai efek baik jika Anda mengonsumsinya di waktu yang tepat. Kapankah itu? 

Sangat disarankan untuk meminum kopi setelah pukul 9 pagi. Karena pada jam-jam ini tubuh perlu untuk menyeimbangkan hormon kortisol. Guna hormon kortisol ini sendiri adalah untuk mengatur tingkat stres Anda, Moms. Pada saat bangun pagi, hormon kortisol yang dihasilkan oleh tubuh sedang tinggi. Sehingga Anda tidak perlu menyeimbangkan jumlah hormon kortisol.

Minum Kopi Pun Ada Waktunya Lho!

Karena fungsi kafein adalah meningkatkan jumlah hormon pengatur stres, jika Anda mengonsumsi kopi pada pagi hari, tingkat hormon kortisol akan semakin tinggi. Tingginya jumlah hormon kortisol akan membuat tubuh Anda merasa kecanduan. Rasanya Anda akan lemas sepanjang hari jika tidak mengonsumsi kopi. 

Seorang ahli syaraf di Uniformed Services University of the Health Sciences di Bethesda, Maryland bernama Steven Miller mengungkapkan hal yang sama. “Minuman berkafein lebih baik dikonsumsi setelah pukul 9 pagi. Hal ini akan menyeimbangkan jumlah hormon kortisol. Pada pukul 8-9 pagi, tubuh menghasilkan hormon kortisol dengan jumlah yang tinggi. Maka jumlah hormon ini tidak perlu diseimbangkan lagi,” tambahnya.

“Minum kopi yang paling efektif adalah pada antara pukul 09.30 dan 11.30, ketika jumlah kortisol menurun drastis dan sebelum meningkat lagi pada siang hari,” pungkas Steven.

Lebih waspada akan bahaya yang mengintai kesehatan akan membuat diri kita lebih mudah menjalani aktifitas sehari-hari. Oiya, satu lagi ya Moms, selain pukul 8-9 pagi, tubuh memproduksi hormon kortisol paling banyak pada pukul 13.00 dan 17.30 hingga 18.30. 

Ngopi dulu yuuk..


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: