essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

KAWAH KAMOJANG – GARUT (7-9 maret 2014)

on April 10, 2014

Tempat wisata yg ada di daerah garut banyak pilihannya. salah satu yg jadi pilihan saya adalah DARAJAT PASS & KAWAH KAMOJANG.

CYMERA_20140410_125841
DARAJAT PASS menyajikan suasana alam yg dingin dan sejuk. Mungkin letak nya mirip dgn di puncak, yakni dingin. tapi menurut saya DARAJAT PASS punya suhu yg lebih dingin dibandingkan dgn dinginnya puncak saat ini. mungkin bisa diprediksi suhu dinginnya DARAJAT PASS sekarang dgn dinginnya puncak sekitar 5 tahun yg lalu.

DARAJAT PASS yg saya singgahi menyajikan waterpark menarik. kenapa menarik? karena waterpark ini air kolam nya panas. bukan seperti waterpark lainnya yg air nya biasa dingin. tapi di darajat pass ini kolam air nya panas, karena suasana sekitarnya dingin maka cocok sekali kalau air nya ini bersuhu panas. di DARAJAT PASS ini juga menyajikan tempat-tempat menginap yg berupa villa sampai dgn bungalow. berhubung saya pergi dgn rombongan mencapai 50 orang, maka saya dan rombongan menyewa 2 villa yg masing-masing villa punya 3 kamar, ruang tamu/ruang tv , teras depan, dapur, tapi sayang nya hanya dilengkapi 1 kamar mandi. alhasil bisa ditebak kalau mau mandi atau “beraktifitas” di dalam kamar mandi jadi harus antri😀 . air dikamar mandi jangan kuatir, air nya ada yg dingin maupun panas. kalau suhu dingin seperti itu bisa kita pakai air panas nya, jadi tidak ada alasan untuk tidak mandi….heheheee😀 , tenang aja kalau mau lama-lama memanjakan diri dgn air panas nya di kamar mandi di lengkapi dgn bathtub. so….perfect vacation.😉

beautiful indonesia

lama perjalanan yg ditepuh dr jakarta sekitar 5 jam perjalanan. saya berangkat dari jakarta jumat malam sekitar jam 11 malam dgn asumsi tidak mau kena macet, sampai di tempat tujuan DARAJAT PASS jam 4 pagi. keluar bis….wwoowww……dinginnnn buanget.
rute yg saya ambil yakni masuk tol padalarang lanjut tol cileunyi kemudian ikutin jalan menuju garut. kalau persis nya maaf saya tidak tahu nama jalan nya…karena malam jadi saya tidur saja selama perjalanan di dalam bis😀 . cuma yg saya ingat adalah medan jalan menuju ke situ tidak mudah, jalan sempit menanjak bisa membuat perut ini mual. bahkan udah minum obat anti mabok aja masih berasa mual nya😦😀
berhubung sedang musim hujan dan saya sampai di DARAJAT PASS ini pasca hujan, jadi kabut turun membuat gelap kabut di sekelilingnya. mungkin jarak pandang cuma sampai 5-10 meter saja. tapi begitu matahari nya terbit dgn terangnya berangsur-angsur kabut nya hilang sedikit demi sedikit dan menjadi jelas kembali pemandangan sekitar. di depan villa terpampang kebun pertanian yg sedang di garap petani. ada tanaman kentang, stroberi, kubis, sawi….wow peandangan yg keren deh pokok nya😉

CYMERA_20140405_183039
Sabtu, 8 Maret 2014
satu hari itu saya dan rombongan menghabiskan waktu di DARAJAT PASS itu, yg nama nya main waterboom hotel yg sedia kan tidak menjadi bosan-bosan nya. baik pagi jam 6 udah banyak yg main di kolam air panas, sampai dgn jam 11 malam masih berani main di kolam air panas. padahal suasana sekitar dingin mengigil, yg namanya pakai selimut coverbag setebal itu masih aja terasa dingin….coba aja bayangin…hehehehee. ada flying fox nya juga, jadi memang bernuansa .

minggu, 9 Maret 2014
keluar dari penginapan kita sekitar jam 11 siang dgn tujuan KAWAH KAMOJANG. lama perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam dari DARAJAT PASS. saya tiba jam 1 an siang. akses menuju KAWAH KAMOJANG lebih parah. membelah gunung naik turun dgn curam nya sementara sebelah kiri or kanan nya jurang yg sangat tinggi. seremmm….euuyyy😦 mana saya dan rombongan menggunakan kendaraan bis yg berkapasitas sekitar 60 orang. bisa ditebak saja kalau-kalau bis yg saya tumpangin tidak kuat nanjak😦
alhamdulilah akhir nya sampai juga meski dgn jalan pelan-pelan. mungkin kecepatan yg dipasang antara 20-40 km/jam kale yaaa😀

CYMERA_20140405_003927
sebelum memasuki inti daerah wisata yg di pilih. sekitar gunung tsb yg saya lalui banyak pipa besar milik pertamina yg menyalurkan uap panas bumi nya untuk diolah pertamina. sepertinya gunung yg kami pijak ini berisi kan uap panas bumi. pipa-pipa pertamina yg besar dan panjang nya berkilo-kilo meter menemani perjalan saya menuju KAWAH KAMOJANG. memasuki wilayah kamojang saya melewati kawah berwarna putih kehijau-hijauan. menyerupai danau tapi tidak berukuran besar dan lebar. mungkin speerti mirip KAWAH PUTIH, cuma ini lebih kecil tidak seluas KAWAH PUTIH. asap putih mengebul keluar dr danau ini. banyak terdapat danau-danau kecil yg air nya meletup-letup mengelurkan gas berasap. ngeri juga kalau berfikiran tiba-tiba tanah yg kita bisa menyemburkan letupan uap panas bumi….hahahahaaa :))

CYMERA_20140405_182704
dikawah kamojang ini yg terkenal adalah KAWAH KERETA API, seperti yg banyak di liput di acara tivi-tivi. kawah KERETA API ini mengelurkan suara yg sangat keras sampai memekak kan telinga. lubang uap nya sendiri kecil.paling berkisar antar 30-40 cm. semburan uap nya kalau dr atas permukaan tanah berjarak 5-10 cm tidak tampak berwarna, tapi > 50 cm nampak asap putih tebal membumbung tinggi. kalau mau jelas-jelas mendengarkan suara kereta api dari KAWAH KERETA API ini biasa nya memanggil abah kuncen : D KAWAH KERETA API dgn melakukan atraksi nya menggunakan bambu yg di goyang-goyangkan diatas uap bertekanan tinggi tsb.tapi sayang di sekitar KAWAH KERETA API ada beberapa sampah dari pengunjung. ampun dah orang indonesia yaa…ga bisa jaga kebersihan, sedih dan miris😦
pd hal di sekitar situ disediakan tempat sampah yg besar-besar.
menuju KAWAH KERETA API ini kita harus berjalan menanjak tidak jauh dari tempat parkiran. mungkin bisa di bilang sekitar 100-200 meter saja, cuma menanjak ya… hehheee😀

CYMERA_20140405_182902
belum puas menikmati lingkungan sekitar hujan pun turun, saya harus kembali ke parkiran mobil dan harus mengakhiri perjalanan menyenangkan ini dan kembali kejakarta. saya meninggalan kawah kamojang sekitar jam 1/2 3 sore karena hujan yg begitu deras nya. sesampai nya dibawah ternyata tidak hujan…wkwkwkkk😛 . dalam perjalanan pulang tidak lupa mampir ke tempat oleh. salah satu oleh-oleh yg ng-tren saat ini adalah “coklat gaol”😀
ada “coklat enteng jodoh” , “coklat tolak miskin”, “coklat anti galau” dll😀 …..kalau rasa coklat nya seh biasa aja sama seperti coklat pada umum nya. cuma mungkin karena beda kemasan dgn coklat lain nya , maka jenis-jenis ini lah yg banyak di buru para pelancong. kalau saya pribadi berburu oleh-oleh yg memang khas dgn kota garut, seperti moci, dodol, wajik itu lah yg saya buru. jenis-jenis dari oleh-oleh tsb juga sudah banyak kombinasi nya. contoh nya yg moci, ada rasa original(kacang), rasa stroberi, rasa duren, rasa bluberry dll. wajik nya juga gitu punya beragam variasi, ada wajik ketan hitam (original), wajik ketan putih, wajik kacang merah dll. semua nya enak di makan….yummmyyy😉
sekaranh tinggal pulang ke jakarta, ternyata suasana macet pun harus saya lalui sampai masuk ke kota garut nya. macet nya…hemmm jangan ditanya😛 , udah gitu begitu kita masuk ke jalan rancaekek yg punya desin modern itu juga harus sabar-sabar antri dikemacetan karena ada pelebaran jalan. beuhhh….kudu sabar emang. sampai di jakarta sekitarjam 10-11 malam. karena mampir di rest area sekitar 1 1/2 jam an, ini yg membuat lama juga. dan jalanan tol padalarang begitu ramai dan padat yg mau menuju jakarta dari bandung. tapi semua nya berkesan menyenangkan😉

CYMERA_20140405_183456
CATATAN TAMBAHAN :
selalu waspada dan hati-hati dimanapun anda berada, apalagi yg namanya dompet ataupun barang berharga harus dibawa ke mana pun kita pergi. karena saya dgn beberapa teman rombongan mengalamai hal yg tidak menyenangkan. yakni mengalami kehilangan uang. dan kebetulan hanya kamar saya yg di satroni maling. saya sekamar dgn 3 orang lain nya, semua isi dompet dikuras maling😦 . untung nya sang maling tidak leluasa ke kamar lain nya karena kamar saya dikunci dari luar dan pintu depan pun dikunci, jadi si maling ga bisa keluar kamar saya. biasa nya saya selalu ngecek semua jendela untuk di slot dikunci dr dalam. saat itu saya sudah kunci semua jendela diruang tamu karena ternyata semua jendela tidak di slot kunci begitu saya tiba. inilah biasa nya ritual yg selalu saya lakukan begitu masuk ketempat penginapan yg saya sewa. ternyata dari semua rutinitas itu ada yg terlupakan kalau jendela di kamar saya sendiri belum dislot kunci dari dalam. awalnya saya dgn teman sekamar tidak sadar kalau kami kehilangan uang di malam harinya, karena semua tas rapi tidak berantakan berpindah geser sedikit pun. saat akan beres-beres meninggalkan pengginapan dan memeriksa dompet ternyata isi dompet bersih. malingnya hanya fokus pd uang saja, toh dikamar itu berserakan HP-HP saya dan teman sekamar yg tidak murah, serta Tablet milik saya yg semua gadget sedang di carger. malam itu saya dan rombongan sedang tidak ada di dalam penginapan. saat penyelidikan didalam kamar itu lah baru kita sadar ada jejak tanah di jendela. dan lantai kamar agak sedikit kotor dgn tanah/ ngeres istilahnya. karena disitu selalu hujan begitu dilihat keluar jendela ada jejak kaki di tanah. wasalam….deh itu perbuatan maling😦
so….selalu hati-hati ya temans😉

15 responses to “KAWAH KAMOJANG – GARUT (7-9 maret 2014)

1. pulau tidung says:

Thank you for some other excellent article. The place else may anybody get that type of information in such an ideal manner of writing?
    I’ve a presentation next week, and I’m at the search for such info.

2. Rodrigo says:

I can’t get this darn site to work in Safari! What theme have you
    been using for this particular website?

3. Hui says:

At this moment I am going away to do my breakfast, later than having my breakfast
    coming again to read additional news.

4. Felicia says:

Hi! This is my first visit to your blog! We are a team of volunteers and starting a new initiative in a community in the same niche.
    Your blog provided us valuable information to work
    on. You have done a wonderful job!

5. Marianela says:

Awesome blog! Do you have any recommendations for aspiring writers?
    I’m planning to start my own blog soon but I’m a little lost on everything.
    Would you recommend starting with a free platform like WordPress or go for a paid option?
    There are so many choices out there that I’m completely confused ..

Any ideas? Thank you!

• essova says:

thanks to your attention

My advice as a new writer is better to use the free ones . anyway why many blogs that offer the free service . free indeed look still many shortcomings in terms , but it has enough support to write really.

so good luck and happy writing yes😉😀

6. cheap-ticket says:

Hi, i think that i noticed you visited my weblog so i got here to
    go back the choose?.I am trying to to find things to enhance my web site!I assume its ok to use a few of your ideas!!

7. outdoor-trip says:

Hello there, I found your site by means of Google whilst searching for a comparable topic, your website came
    up, it seems great. I’ve bookmarked it in my google bookmarks.

Hello there, simply was aware of your blog through Google, and located
    that it is truly informative. I’m going to be careful
    for brussels. I’ll be grateful if you proceed this in future.
    Lots of other folks will be benefited from your writing.
    Cheers!

• essova says:

thanks for taking the time to read the writing on my blog and my blog bookmarks already .
      I hope my blog provides many useful information for you and us all .