essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Ingin Meredakan Stres? Yuk, Mewarnai!

on October 17, 2014

Vemale.com – Kapan terakhir kali Anda melakukan aktivitas mewarnai? Saat masih di TK atau ketika dulu masih kecil? Aktivitas mewarnai memang sering diartikan sebagai aktivitas anak kecil. Tak heran jika saat usia kita makin bertambah, kita tak pernah lagi melakukan aktivitas mewarnai atau sekadar menyentuh krayon. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata aktivitas mewarnai itu memiliki manfaat yang besar untuk orang dewasa?

Seperti yang dilansir oleh huffingtonpost.com, aktivitas mewarnai bisa menjaga kebugaran tubuh, menenangkan pikiran, dan menstimulasi area otak yang berkaitan dengan kemampuan motorik, perasaan, dan kreativitas. Terlebih, ada penerbit yang baru-baru ini menerbitkan buku mewarnai yang dikhususkan untuk orang dewasa. Salah satunya adalah di Spanyol di mana penerbit Espasa menerbitkan Coloréitor yang berisi ilustrasi-ilustrasi dari kartunis terkenal Forges.

Tapi benarkah aktivitas mewarnai bisa meredakan stres orang dewasa?


Slide1

Ketika mewarnai, kita mengaktifkan berbagai area berbeda di dua belahan otak besar kita, menurut psikolog Gloria Martinez Ayala. Ia menjelaskan bahwa mewarnai melibatkan logika dan kreativitas ketika memberikan komposisi warna serta memilih warna. Saat mewarnai, area korteks serebrum juga ikut terpengaruh ketika kita menggunakan kemampuan melihat dan motorik kita. Hal tersebut bisa merilekskan pikiran karena mengurangi aktivitas di amigdala, bagian otak yang berperan dalam melakukan pengolahan dan ingatan terhadap reaksi emosi.

Singkatnya, kegiatan mewarnai bisa mengurangi stres kita karena kita terfokus pada satu jenis kegiatan saja, pikiran kita terpusat pada kegiatan tersebut dan bukan pada hal-hal yang mengganggu pikiran kita. Selain itu kegiatan mewarnai juga bisa mengembangkan imajinasi dan membawa kita kembali ke masa kanak-kanak–masa ketika kita kita tak ada banyak hal yang membuat kita stres.

 

Slide2

Di negara-negara seperi Perancis dan Inggris, buku mewarnai untuk orang dewasa laris manis. Bahkan di Inggris, buku-buku dari Mel Simone Elliot juga sangat populer. Dalam seri bukunya Colour Me Good, ia membut kita bisa mewarnai gambar-gambar dari sosok publik figur terkenal seperti Lady Gaga, Ryan Glosing, dan Beyonce.

Jika Anda ingin memilih kegiatan mewarnai sebagai kegiatan pereda stres, Forges menyarankan agar kita menggunakan krayon. So, are you interested in using this relaxation technique?

sumber : Ingin Meredakan Stres? Yuk, Mewarnai!

Your image is loading...

Your image is loading...

AgewFlryKoB1Ig_sugj5a9Yi0iV8mDMBZK9P3CZCeET5 Am9n_prxMZP2MJ-6hKuWtyR0Ts1I_wC6pL-h4sM9pAHt
Ann8yxM-VBdMB5d9VMDXFbN1NKJzPjKPQD-tSN6taPq3 AqHc6YknGFUftjoKjpfWb206VynIx8_SOKYCmEv0s3dJ

AvpQEkbfBgxf6bxQkzA4a-n2kzOTU86UoBvb_NbjnsaM


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: