essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Tak Hanya Timbulkan Hipertensi, Garam Juga Bisa Sebabkan Gangguan Tidur!

on November 20, 2014

sumber : Tak Hanya Timbulkan Hipertensi, Garam Juga Bisa Sebabkan Gangguan Tidur!

Garam disebut-sebut sebagai salah satu biang keladi timbulnya berbagai masalah kesehatan, salah satunya hipertensi. Dari segi kedokteran, konsumsi garam sebaiknya tak lebih dari 5 gram atau setara dengan 1 sendok teh per hari. Jika hanya memakan masakan sendiri tentunya hal ini masih bisa dikontrol, namun jika lebih sering mengonsumsi makanan yang dibeli, ini jadi perkara lain.

Selain bisa memicu hipertensi, ternyata mengonsumsi garam berlebihan juga bisa sebabkan gangguan tidur. Garam memiliki sifat mengikat air dan terlalu banyak kadar garam dalam tubuh bisa membuat tubuh mengandung banyak air. Peningkatan air dalam tubuh ini juga bisa memicu permasalahan tidur yang membuatmu merasa lelah dan tak segar pada pagi hari.

Sebuah penelitian di Brazil yang dipusatkan di Rumah Sakit Clinicas de Porto Alerge menunjukkan bahwa diet garam bisa mengurangi permasalahan sleep apnea. Sleep apnea adalah kondisi di mana seseorang berhenti bernapas selama beberapa saat karena bagian tenggorokkan mereka tertutup. Konsumsi garam berlebihan bisa mempengaruhi jumlah air dalam tubuh. Ketika seseorang berbaring, cairan ini mengalir ke ke arah leher dan menyebabkan seseorang mengalami sleep apnea.

Jadi jika kamu atau pasanganmu mengalami permasalahan tidur, khususnya sleep apnea, ada baiknya mulai sekarang lebih memerhatikan soal konsumsi garam yang setiap hari. Demi kualitas tidur yang lebih baik dan terhindar dari risiko hipertensi.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: