essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Bedanya mie Bihun dan mie Soun

on March 23, 2015
sumber : mengenal-perbedaan-soun-bihun-
sebenarnya saya penasaran dengan yang namanya mie favorit saya neh…..suka banget dengan yang namanya  bihun dan sohun😉 ….. karena menurut orang mi bihun itu sehat karena dibuatnya dari tepung beras bukan tepung terigu seperti mie-mie yang lainnya. maka nya saya kumpulin informasi sapa tau banyak orang juga yg tidak tahu😀
Salah satu bahan yang sering digunakan dalam berbagai resep makanan berkuah, misalnya dalam resep soto ayam , adalah bihun, soun, ataupun misoa. Kalau diperhatikan secara sekilas, 3 bahan ini memang tampak mirip. Tapi, sebenarnya bihun, soun, dan misoa itu berbeda satu sama lain. Apa sih perbedaan ketiga bahan yang serupa ini?
Soun
Soun alias glass noodles atau mung bean noodles biasanya terbuat dari pati kacang hijau. Tapi, sekarang Anda juga bisa menemukan soun yang terbuat dari kentang, ubi, ataupun singkong. Seperti bihun, soun terlihat transparan. Tapi, salah satu ciri soun yang membedakannya dengan bihun dan misoa adalah teksturnya yang licin setelah dimasak.
Untuk memasak soun, Anda tidak perlu merebusnya. Cukup rendam soun dalam air mendidih selama 5-15 menit sampai soun melunak . Kalau Anda akan menyajikannya dalam resep soto ayam atau sop, Anda tidak perlu memasaknya terlebih dulu.
Bihun
Walaupun sama-sama transparan, tapi bihun lebih tipis dibandingkan soun dan tekstur bihun setelah dimasak tidak selicin soun . Bahan makanan ini terbuat dari tepung beras, sehingga disebut juga rice vermicelli.
Bihun bisa dimasak dengan cara merendamnya dalam air panas selama 5-7 menit sebelum memasukkannya ke dalam sup atau soto. Kalau Anda akan menggunakan bihun dalam resep soto ayam atau sup, bihun hanya perlu dimasak selama 1 menit.

Sohun di berbagai negara

Di Indonesia, sohun dibuat dari bahan dasar pati sagu atau aren ditambah midro sebagai campuran. Makanan Indonesia yang memakai sohun misalnya: soto, bakso, tekwan, pempek model, kimlo, dan sup.

Sohun awalnya berasal dari Tiongkok.[2] Dalam bahasa Mandarin, sohun disebut fěn sī (粉絲), arti: “mi benang”). Di Taiwan, sohun disebut dōng fěn (冬粉, “mi musim dingin”) atau tanghun. Sohun juga dipasarkan sebagai saifun berdasarkan pengucapan bahasa Kantonis untuk menyebut sohun dalam bahasa Mandarin xì fěn (細粉, “mi langsing”). Dalam bahasa Kantonis, sohun disebut fan2 si1 (粉絲).

Di RRC, sohun dibuat dari pati kacang hijau, dan dipakai dalam berbagai masakan tumis, sup, dan hot pot. Sohun merupakan bahan pengisi untuk jiaozi, dan pengganti sirip hiu dalam sup sirip hiu. Sentra produksi sohun terdapat di Zhangxing yang terletak di Zhaoyuan, Yantai, sebelah timur Provinsi Shandong. Pada zaman dulu, dari Zhangxing dikirim melalui Pelabuhan Longkou sehingga dikenal di pasaran sebagai Longkou fensi (sederhana: 龙口粉丝; tradisional: 龍口粉絲).

Di Korea, sohun disebut dangmyeon (hangul: 당면, hanja: 唐麵, arti: “mi Dinasti Tang”), dan dibuat dari pati ubi jalar. Japchae adalah contoh makanan Korea yang memakai sohun.

Di Jepang, sohun disebut harusame (春雨, arti: “hujan musim semi”), dan dibuat dari pati kentang. Selain menjadi isi lumpia (harumaki), sohun hanya digunakan untuk sup yang merupakan adaptasi dari masakan Tionghoa dan Korea.

Di Filipina, sohun disebut sotanghon. Nama tersebut diambil dari nama masakan sohun goreng yang juga disebut sotanghon. Sohun goreng Filipina berisi potongan daging ayam dan jamur. Berbeda dari bihun goreng (pancit bihon) yang biasa dihidangkan sehari-hari, sotanghon hanya disajikan pada kesempatan istimewa.[3]

Di Thailand, sohun disebut woon sen (วุ้นเส้น), dan dimasak bersama babi dan udang menjadi selada sohun yum woon sen (ยำวุ้นเส้น), atau menjadi sohun goreng yang disebut pad woon sen (ผัดวุ้นเส้น).

Bihun

Bihun atau mihun merupakan nama salah satu jenis makanan dari Tiongkok, bentuknya seperti mi namun lebih tipis. Dalam bahasa Inggris disebut rice vermicelli atau rice noodles atau rice sticks. Bihun berasal dari bahasa Tionghoa, yaitu “Bi” artinya beras dan “hun” artinya tepung. Bahan baku bihun sendiri terbuat dari tepung beras. Makanan tersebut sangat terkenal dari negara Tiongkok dan Asia Selatan, seperti India.

Kandungan Gizi

Bihun juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan, Bihun mengandung energi sebesar 360 kilokalori, protein 4,7 gram, karbohidrat 82,1 gram, lemak 0,1 gram, kalsium 6 miligram, fosfor 35 miligram, dan zat besi 1 miligram. Hasil ini didapatkan berdasarkan penelitian terhadap 100 gram Mi bihun, dengan jumlah yang di konsumsi 100%.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: