essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Ini Sebabnya Orang Asia Sering Disebut Berwajah Lebih Muda dari Usianya

on August 29, 2015

sumber : Ini Sebabnya Orang Asia Sering Disebut Berwajah Lebih Muda dari Usianya

Ini Sebabnya Orang Asia Sering Disebut Berwajah Lebih Muda dari Usianya

Jakarta, Pernahkah Anda menemui orang yang tampak lebih muda daripada usia sebenarnya? Jika iya, jangan kaget. Pakar mengatakan rata-rata orang Asia memang memiliki wajah yang lebih muda daripada usianya.

dr Syarief Hidayat, SpKK, FINSDV, FAADV, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Perdoski) mengatakan secara genetik, orang Asia memang memiliki perbedaan fase penuaan wajah. Perbedaan ini paling jelas jika dibandingkan dengan penuaan pada orang Kaukasia.

“Orang bule, orang kaukasia, itu jadi tuanya cepat. Nah sementara orang asia itu untuk menjadi tua (wajahnya) lama. Tapi begitu sudah tua, langsung cepat sekali kelihatan tuanya,” tutur dr Syarief, dalam Konferensi Pers Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Perdoski ke-14 di Hotel Gran Senyiur, Balikpapan, Kalimantan Timur, dan ditulis Sabtu (29/8/2015).

Dijelaskan oleh dr Syarief bahwa perbedaan penuaan ini sangat dipengaruhi oleh faktor genetik dan etnis. Jadi tidaklah mengherankan ketika orang Asia wajahnya tampak jauh lebih muda daripada orang Kaukasia dengan usia yang sama.

“Jadi misalnya si bule umurnya 35 tahun, tapi wajahnya mirip dengan orang kita yang umurnya 50 tahun. Dia botak lebih cepat, kerutnya muncul lebih dulu. Tapi dia wajahnya awet, misalnya dari umur 35 sampai nanti 50 tahun begitu aja wajahnya. Tapi di kita, begitu di atas 50 tahun langsung kelihatan banget tuanya, cepat sekali,” terangnya lagi.

Dr Michele Verschoore, MD, Clin PhD, DIrektur Medis dari L’Oreal Group Paris, menyebut bahwa selain faktor genetik, ada dua faktor lain mengapa wajah orang Asia cenderung terlihat lebih muda daripada usianya. Pertama adalah letak tulang pipi, dan yang kedua adalah warna kulit.

Letak tulang pipi orang Asia lebih tinggi daripada orang Kaukasia. Hal ini membuat kulit menjadi lebih kencang dan sulit kendur, sehingga bisa menyembunyikan penuaan yang ada di wajah. Berbeda dengan orang Kaukasia di mana tulang pipinya lebih rendah dan membuat kulit mudah kendur.

Kulit orang Asia, khususnya Indonesia, juga lebih gelap daripada orang Kaukasia. Hal ini membuat kerutan atau keriput yang muncul di wajah tersembunyikan, berbeda dengan orang Kaukasia yang berkulit cerah sehingga kerut dan keriputnya lebih mudah terlihat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: