essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Inilah Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Ketika Kamu Berjalan Selama 1 Jam

on October 27, 2015

sumber : Inilah Yang Akan Terjadi Pada Tubuh Ketika Kamu Berjalan Selama 1 Jam

Vemale.com – Tidak sedikit orang menganggap bahwa jalan kaki adalah suatu aktivitas yang biasa saja dan tidak berpengaruh banyak pada kesehatan tubuh. Tapi, asal kita tahu, anggapan ini tentu saja salah. Menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, jalan kaki merupakan salah satu aktivitas yang memiliki banyak dampak positif dan menyehatkan. Jalan kaki juga merupakan salah satu aktivitas yang banyak berpengaruh pada seluruh tubuh. Dikutip dari laman prevention.com, setidaknya ada 5 hal umum yang terjadi pada tubuh ketika seseorang berjalan. Hal tersebut di antaranya adalah sebagai berikut.

  • 1 Sampai 5 Menit Pertama

    Saat kita berjalan pada menit ke 1 hingga 5 menit pertama, tubuh akan mengalami pelepasan bahan kimia yang nantinya bisa menghasilkan energi dalam sel tubuh. Di menit 1 hingga 5 ini, denyut jantung akan meningkat menjadi 70 hingga 100 denyut permenit (bpm). Karena peningkatan denyut jantung inilah, hal ini akan meningkatkan aliran darah serta menyebabkan  pemanasan pada otot tubuh. Di menit pertama ini, tubuh kamu akan membakar lima kalori per menit. Meski hanya berjalan sebentar, hal ini sangat baik untuk kesehatan Ladies. So, jangan malas untuk berjalan atau bergerak ya.

     

  • 6 Sampai 10 Menit

    Pada menit ke 6 sampai ke 10 ini, denyut jantung yang berkisar pada angka 70 – 100 bpm akan meningkat hingga 140 bpm. Tak hanya lima kalori, tubuh akan membakar setidaknya 6 kalori per menitnya. Di sini, aliran darah juga akan bertambah meningkat dan membawa lebih banyak darah serta oksigen ke dalam otot tubuh. Pada tahap ini, tubuh mulai bisa menyesuaikan diri dan membuatnya menjadi lebih nyaman.

     

  • 11 Sampai 20 Menit

    Pada menit ke 11 sampai ke 20, panas dan suhu tubuh akan terus meningkat. Tubuh juga akan mulai berkeringat akibat adanya penyebaran pembuluh darah di dekat kulit yang secara perlahan melepaskan panas. Pada menit ini, tubuh akan membakar kalori lebih banyak yakni sebesar 7 kalori per menit. Kamu pun akan bernafas cukup cepat dan keras. Denyut jantung pun juga akan berdenyut semakin cepat dari sebelumnya. Hormon seperti epinerfrin dan glukagon sendiri akan terus meningkat untuk melepaskan bahan bakar pada otot tubuh.

     

  • 21 Sampai 45 Menit

    Pada menit inilah, kamu akan merasa lebih bugar dan segar. Kamu mulai santai saat berjalan dan tak lagi kelelahan seperti menit-menit sebelumnya. Kamu bisa mulai lebih rileks karena dosis bahan kimia seperti endorfin pada otak. Pada menit ini, kalori dalam tubuh yang terbakar juga semakin meningkat. Keringat yang keluar dari tubuh juga akan semakin banyak. Mimpi untuk mendapatkan tubuh sehat, bugar dan berat badan ideal pun bisa dengan mudah di dapat dengan aktivitas berjalan selama 1 jam setiap hari.

     

  • 46 Sampai 60 Menit

    Pada menit ke 46 sampai ke 60, otot-otot pada tubuh akan merasa lelah. Hal ini terjadi karena tubuh mulai kehilangan kalori dan kekurangan karbohidrat. Tapi jangan khawatir, pada menit ini, saat kamu mencoba untuk istirahat, denyut jantung akan melemah dan nafas pun akan normal seperti sebelum jalan. Kamu hanya perlu membiasakan diri berjalan kaki lebih lama dan lebih konsisten untuk mendapatkan jalan kaki yang nyaman dan pastinya bisa membuat tubuh makin sehat.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: