essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Sehat Sih, Tapi jus Buah Berpotensi Merusak Gigi

on March 22, 2016

sumber : Sehat Sih, Tapi jus Buah Berpotensi Merusak Gigi

Vemale.com – Jus buah umumnya dianggap sebagai minuman sehat yang bisa membantu mempercepat penurunan berat badan sekaligus mendetoks tubuh dari berbagai racun. Anggapan ini memang tidak salah, sebab buah mengandung banyak vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Sayangnya, jika dikonsumsi terlalu sering atau setiap hari, jus buah justru  berpotensi merusak gigi, Ladies. Hal ini diungkapkan dokter gigi Dr. Uchenna Okoye yang tergabung dalam organisasi London Smiling di London, Inggris.

Meskipun terbuat dari buah segar yang memiliki kandungan gula alami, jus buah tetap bisa mengikis enamel gigi, memicu terjadinya gigi keropos, gigi berlubang dan warnanya menjadi kusam. Dr. Uchenna mengatakan, bahwa banyak orang yang tidak menyadari kalau terlalu sering minum jus buah dapat berakibat buruk bagi gigi.

Meminum jus buah, sama saja dengan Anda ‘menggosokkan’ gula ke permukaan gigi dan seluruh bagian dalam mulut. Seperti diketahui, gula merupakan salah satu penyebab utama kerusakan gigi.

“Jus sayuran sebenarnya tidak terlalu buruk, tapi jus buah sifatnya bergula dan asam. Hal ini membuat enamel gigi jadi lunak dan terkikis dari dalam, sehingga menjadi tipis dan mengakibatkan gigi gompal,” jelas Uchenna dalam laman dailymail.co.uk.

Kerusakan gigi bisa bertambah parah jika yang dikonsumsi hanya jus dan tidak diimbangi diet sehat lengkap nutrisi. Orang dengan gangguan pola makan yang mengonsumsi jus buah terus menerus juga dikhawatirkan mengalami kerusakan gigi lebih parah.

Perlu diingat, penjelasan Uchenna bukan melarang Anda untuk berhenti minum jus sama sekali. Bagaimanapun juga buah tetap berkhasiat mencegah kekurangan vitamin, melancarkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Tapi, sebaiknya tidak mengonsumsinya terlalu sering.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: