essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Tak Disadari, Orang Tua Bisa Sebabkan Anak Kecanduan Internet

on June 16, 2016

Tak Disadari, Orang Tua Bisa Sebabkan Anak Kecanduan InternetJakarta, Ingatkah Anda kapan pertama kali anak mengenal internet? Kerap kali anak sudah mengenal internet di usia dini. Saat bayi, anak dipertontonkan aneka video dari internet untuk membuat anak tenang. Seiring waktu berlalu, anak mulai menghabiskan waktu lebih banyak dengan internet dan akhirnya kecanduan.

Ya, kerap kali tanpa disadari justru orang tualah yang mengenalkan dan ‘mencekoki’ anak dengan internet.  “Sering kali orang tua sendiri yang memperkenalkan kepada anak internet itu apa seperti juga game online,” kata dr Andri, SpKJ, FAPM saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (7/10/2015).
dr Andri menambahkan, orang tua juga suka memperkenalkan gadget sebagai pengalih anak dari kenakalan atau kecerewetan yang dianggap mengganggu orang tua. “Lihat saat ini banyak orang tua yang memberikan gadget agar anaknya bisa diam,” sambungnya.

Bahkan saat anaknya sudah mahir menggunakan gadget dan mengakses internet di usia dini, orang tua kadang begitu bangga. Padahal hal-hal itu bisa jadi awal mula kecanduan internet pada anak. Keasyikan berselancar di dunia maya bisa membuat anak lupa waktu sehingga rela menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputernya.

Selain itu, orang tua perlu membuat anaknya lebih aware terhadap dunia luar, bukan saja dengan internet. Dengan demikian, orang tua perlu memberi contoh kepada anak, misalnya saat di rumah tidak sibuk dengan gadget-nya. Bila sudah bisa melepaskan diri dari gadget, maka orang tua bisa lebih fokus pada anaknya.

“Bisa dengan mengajak anak bermain dan diskusi tentang apa yang dilakukannya,” imbuh dr Andri.

dr Leonardi A Goenawan, SpKJ, dokter spesialis kesehatan jiwa RS Pondok Indah dan RS Puri Indah mengatakan sejak berkenalan dengan internet, anak dan remaja perlu diajarkan untuk menggunakannya semata-mata sebagai penunjang kegiatan akademis mereka. Dengan begitu mereka tidak akan berlama-lama dengan internet karena mencari hiburan ataupun mengisi waktu luang.

Orang tua perlu membatasi penggunaan internet oleh anaknya. “Perlu dibatasi penggunaan internet hanya 60 menit per hari hingga 120 menit, bila sungguh-sungguh dibutuhkan untuk membantu tugas sekolah mereka,” saran dr Leonardi.

sumber : Tak Disadari, Orang Tua Bisa Sebabkan Anak Kecanduan Internet


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: