essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Suka Makanan Pedas? Kamu Cenderung Berumur Panjang & Cerdas Lho

on July 12, 2016

sumber : Suka Makanan Pedas? Kamu Cenderung Berumur Panjang & Cerdas Lho

Vemale.com – Ada dua jenis orang di dunia ini, yang suka makanan pedas dan yang tidak. Jika kamu termasuk kelompok pertama, maka kamu patut bersyukur ladies, karena ternyata penyuka makanan pedas memiliki kelebihan karena punya kebiasaan suka makan makanan pedas.

Sebuah penelitian menemukan bahwa makanan pedas ternyata bisa meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan sehingga bisa memperpanjang usia.

1. Makanan pedas menguatkan koneksi antar sel otak
Cabai merah mengandung senyawa apigenin, yang mampu menguatkan syaraf otak dan lebih utama adalah menjaga hubungan antar s sel-sel otak sehingga bisa meningkatkan fungsi otak dalam mengingat, menyimpan informasi dan pengetahuan. Kandungan flavonoid ini juga sekaligus mencegah Alzheimer dan gangguan mental lainnya.

2. Makanan pedas memperpanjang umur
Banyak penelitian mengatakan bahwa makanan pedas bisa memperpanjang usia. Secara spesifik, orang yang makan pedas mampu menurunkan risiko kematian hingga 14% karena memiliki kekebalan tubuh yang lebih kuat. Hal ini dipengaruhi oleh senyawa capsaicin dalam cabai, yang bahkan bisa mencegah kanker.

 

##############################################################

 

Suka Makan Cabe Rawit Hijau? Kamu Nggak Butuh Suplemen Kesehatan

sumber : Suka Makan Cabe Rawit Hijau? Kamu Nggak Butuh Suplemen Kesehatan

Vemale.com – Buat sebagai orang Indonesia, makan gorengan tanpa cabe rawit hijau rasanya bagai seperti datang ke kondangan tanpa bawa gandengan. Kurang lengkap euy! Apalagi kalau makan ayam goreng, ikan goreng atau tempe goreng dengan nasi, tanpa sambal. Mana enak?

Nah, selain meningkatkan selera makan dan membuat rasa makanan jadi lebih enak, ternyata cabe rawit hijau juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho. Kok bisa? Ini penjelasan dari healthyeating.sfgate.com:

  • Vitamin A

    1/2 cangkir atau sekitar 75 gram cabe rawit hijau mengandung sekitar 884 unit vitamin A. Jumlah ini mencukupi sekitar 30 persen kebutuhan harian vitamin A pada pria dewasa atau sekitar 38 persen kebutuhan harian vitamin A pada wanita dewasa. Manfaat vitamin A adalah untuk mempertajam penglihatan dan mendukung daya tahan tubuh. Wah, menyehatkan banget ya!

     

  • Vitamin C

    Selain vitamin A, cabe rawit hijau juga mengandung vitamin C yang tinggi lho. Pada setiap 1/2 cangkir cabe rawit hijau (181,9 mg) dapat mencukupi kebutuhan harian vitamin C sebanyak lebih dari 100 persen! Wow! Vitamin C berfungsi untuk memproduksi kolagen yang berguna untuk menyembuhkan luka, serta memperkuat tulang. Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam vitamin C yang ada dalam cabe rawit hijau ini mencegah radikal bebas yang dapat merusak DNA.

     

  • Capsaicin

    Semakin pedas cabe, semakin tinggi kadar capsaicinnya. Skala  Scoville Heats Unit, yang mengukur kadar kepedasan dan capsaicin dalam cabe di seluruh dunia, menempatkan cabe rawit hijau pada angka 50 hingga 2.500 SHU. Sedangkan angka tertinggi skala SHU adalah 15.000.000. Cukup tinggi bukan? Capsaicin untuk tubuh berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Meski baru prediksi dan diperlukan penelitian lebih lanjut, tapi kabar ini menggembirakan bagi pecinta makanan pedas.

     

Agar tidak kehilangan manfaatnya, kamu juga perlu tahu bagaimana menyimpan cabe rawit hijau yang benar. Jika membeli cabe rawit hijau yang masih segar, simpan di tempat yang sejuk dan gelap dalam jangka waktu 3-4 hari untuk menjaga kualitasnya. Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Spicy Chilli Lovers!

 

i love spicy 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: