essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo & Love in the Moonlight | K-Drama [2016]

on September 8, 2016

c2bcf-animasi-bunga-sakura-berguguranMantab neh “pertarungan” drama di masing-masing stasiun televisi di tahun 2016 ini. Stasiun televisi yang akan saya bahas ini bener-bener berani maju kedepan menawarkan acaranya ke penonton. Sebelumnya kan bisa dilihat kalau masing-masing televisi cari aman untuk merebut hati para penonton sejatinya. Tapi kali ini mereka berani ambil sikap untuk bisa tanding merebut hati penontonnya. Tahun ini kayaknya pihak teleivisi sana sudah mulai berani ambil sikap dan itu bagus sekali biar ada ritme persaingannya.

sebagai penonton juga senang kalau di tiap-tiap drama yang tayang punya perbedaan yang mencirikan masing-masing acaranya. Yang ratingnya jelek bukan berarti drama itu jelek pula. Biasanya kemasan tayangnya yang kurang mengena ke penontonya. Jalan cerita biasanya bagus-bagus, tapi jangan pernah jalan ceritanya itu bolak-balik bikin penontonnya bosen. Sama halnya dengan saya kalau sudah liat jalan cerita yg di ulang-ulang lagi jadi bikin bosen, jangan heran nanti malah akan ditinggalkan penontonya. Lebih baik diajak berfikir dibandingkan diajak loncat cerita kemudian kembali lagi kecerita yang sebelumnya dibahas, fatal tuh bakalan drama pasti hasilnya jadi tidak bagus.

Hasil gambar

Kali ini saya akan bahas drama yang tayang setiap senin. Dan yang uniknya adalah masing-masing drama ini mengambil setting tema tempo dulu, alias drama dengan cerita tradisional. Perbandingan cerita drama mana yang akan di sukai oleh pemirsanya. Hebat nya dari kedua drama ini bukan hanya bisa di lihat dinegri asalnya saja, tapi penontonnya dari luar asalnya melalui tv kabel jadi hasilnya bisa beragam. Saya akan bahas mulai dari plot ceritanya seperti apa, sambutan penontonnya gimana, dimana uniknya dari kedua drama ini. Awalnya saya tidak terlalu suka dengan drama tradisional karena cantik atau gantengnya para pemain tidak maksimal dinikmati. Tapi ternyata kemasan kedua drama ini “tidak sangat tradisional”. Ada sentuhan modernnya, yakni mulai dari tampilan masing-masing tokohnya. Kemasaan baju maupun polesan penampilannya bisa memperlihatkan ala modern nya jadi untuk saya awalnya tidak terlalu suka tema tradisonal akhirnya bisa menikmati juga.

Hasil gambar

Berikut drama yang saya maksud, tayang hari senin & selasa jam 10 malam waktu setempat. Masing-masing tayang di stasiun SBS untuk yang berjudul “moon lover scarlet heary ryeo” dan KBS2 yang berjudul “moonlight drawn by cloud”. Untung jumlah episode yang ditawarkan berbeda, kita lihat mana yang akan diajak ke cerita yang menarik. Jangan sampai episode panjang malah membawa episode yang membosankan.

slide10

Sambutan dari penonton bisa dilihat dari gambar dibawah ini. Saya sengaja ambil 4 – 5 episode pertama. Dan bisa dilihat hasilnya rating yang disambut baik adalah yang tayang di KBS2. Drama ini bisa masuk 10 besar bahkan 5 besar. Sedangkan lawannya sangat jauh selisihnya, hanya masuk urutan belasan saja bahkan malah terlempar ke 20 besar alias “no rating”. Kira-kira apa yang bisa memberikan hasil seperti itu ya? Nanti coba kita lihat…hehhehee😀

 slide11

Kalau dilihat dari gambar dibawah ini untuk genre sama-sama romance dan comedy dan historical. Ok…ini point yang tidak bisa diperdebatkan. Kemudian ke point selanjutnya yakni “asal cerita” drama . Untuk “moon lover scarlet heart ryeo” remix berdasarkan novel cina yakni dari luar korea dan kemudian drama ini sudah pernah dibuat ceritanya di negri asalnya dengan versi cina tentunya.

slide14

Untuk drama “moonlight drawn by cloud” asli novel cerita korea sendiri. Apakah ini yang bisa bikin salah satu penyebab kenapa sambutannya untuk dinegri asalnya kurang greget. Karena untuk orang korea sendiri mereka sangat menjujung tinggi budaya sendiri. Mereka mengedepankan budaya dan kebudayaan diatas segala-galanya. Makanya mereka akan jadi fanatik untuk budayanya sendiri, mungkin dibeberapa negara akan menerapkan seperti itu. Memang yang “moon lover scarlet heart ryeo” sudah mempoles dengan cerita korea sendiri yakni dinasti korea yang pernah berkuasa dengan sejarah yang kental.

 slide13

Untuk dari sisi pemain di drama ini sudah banjir dengan pemain-pemain terkenal bahkan bintang idola tidak tanggung-tanggung masuk 7 atau 8 pemain terkenal mudanya. Namun ternyata tidak membangkitkan drama ini ke rating yang lebih bagus melanjutkan ke episode selanjutnya. Masuk nama “IU” sebagai artis yang banyak dikenal bahkan idola para anak muda baik pria maupun wanita nya. Ada si “backhyun” dari si member nya grup idol EXO pasti para kaum hawa udah lekat banget sama namanya.😉 kemudian mengikuti pemain lainnya sama-sama artis terkenal.

Hasil gambar

Untuk drama “ moonligt drawn by cloud” hanya mengandalkan park bo gum tapi hasilnya sangat memuaskan dilihat dari rating Hasil gambar. Sepertinya park bo gum sangat diminati dan diidolakan di negarannya, bisa mengalahkan drama yang dibintangin 7 artis idol terkenal….hehehee😀. Jadi dashyat neh pesonanya park bo gum…hihihiii😛

Yang pasti masing-masing drama bisa mengena dan dinikmati ceritanya banyak menghibur dengan scene-scene komedi dan kocak nya.😉

Pasti setuju dengan pendapat saya untuk yang satu iniHasil gambar Hasil gambar

sebuah film atau drama kurang lengkap tanpa musik atau OST yang mendampinginya. apalagi ada kalanya pilihan OST nya sangat enak di dengar. seperti yang akan saya berikan contekanya OST sbb :

ost

 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: