essova

Assalammualaikum….. contact my email : essova_esv@yahoo.com

Tidur Siang Bukan Berarti Manja, Justru Tubuhmu Membutuhkannya

on December 1, 2016

sumber : Tidur Siang Bukan Berarti Manja, Justru Tubuhmu Membutuhkannya

Hasil gambar untuk animasi kartun lucu bergerak sedang tidurVemale.com – Dulu waktu kecil mungkin kita sering ogah-ogahan kalau disuruh tidur siang. Bahkan sering bikin alasan yang macam-macam supaya bisa menghindari suruhan tidur siang. Begitu kita dewasa, barulah kita menyadari kalau tidur siang itu penting dan diperlukan oleh tubuh.

Dengan padatnya aktivitas dan rutinitas setiap hari, makin sulit rasanya punya waktu khusus untuk tidur siang. Apalagi kalau kerja di kantor dengan jadwal kerja yang padat, mau dapat waktu tidur siang sepertinya sangat sulit. Padahal ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan menyempatkan diri untuk tidur siang beberapa menit.

Gambar terkaitDalam sebuah penelitian dari UC Berkeley baru-baru ini menyebutkan bahwa orang dewasa yang rutin tidur siang memiliki kemampuan belajar lebih baik dan daya ingat yang lebih baik. Jadi dengan tidur siang, otak kita akan “dinyalakan ulang” sehingga ingatan jangka pendek akan dibersihkan dan otak kita lebih jernih dengan ruang yang lebih bersih. 

 

Seperti yang dilansir oleh reflectionofmind.org, menurut sebuah penelitian dari University of Colorado Boulder, anak-anak yang tidak tidur siang kekurangan rasa bahagia dan minat. Bahkan mereka bisa memiliki tingkat kecemasan yang tinggi dan kemampuannya dalam menyelesaikan masalah (problem solving skills) cenderung rendah. Jadi kalau dulu orang tua kita sering menyuruh kita tidur siang, sebenarnya itu juga untuk kebaikan kita.

Gambar terkaitLalu sekarang pertanyaan berapa menit waktu yang ideal untuk tidur siang? Menurut para ahli, waktu 10 hingga 20 menit sudah cukup untuk tidur siang untuk menyegarkan pikiran dan meningkatkan energi tubuh. Waktu tersebut memang terbilang singkat tapi justru dengan tidur siang singkat kita bisa langsung kembali aktif bekerja dan terjaga saat bangun tidur.

Sementara kalau kamu tidur siang selama 30 menit, kamu bisa merasa puyeng selama 30 menit ke depan. Karena saat kamu bangun setelah tidur selama 30 menit tersebut, tubuhmu baru saja akan memasuki fase tidur yang lebih dalam. Untuk cari amannya tidur siang cukup maksimal 20 menit saja atau sekalian sampai 90 menit.

Gambar terkaitTidur siang selama 60 menit diyakini bisa meningkatkan daya ingat. Sementara tidur siang selama 90 menit sangat direkomendasikan untuk kamu yang malam sebelumnya tak mendapat tidur yang cukup. 90 menit merupakan waktu yang sangat ideal untuk tidur siang karena mencakup satu siklus tidur yang sempurna. Manfaatnya bisa meningkatkan daya ingat emosional dan kreativitas.

Kesimpulannya, tidur siang yang cukup baik untuk kesehatan mental dan pikiran. Kalau memungkinkan dan bisa dilakukan, tidur siang cukup 20 menit saja atau kalau ada waktu lebih bisa sekaligus 60 atau 90 menit. Semoga info ini bermanfaat, Ladies!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: